Ngaku Fans Marvel? Begini Sejarah Logonya Logo Marvel mengalami beberapa kali revolusi. (Foto Screenrant)

MARVEL memang sudah menjadi raksasa komik lebih dari delapan dekade ke belakang. Adaptasi komik menjadi film menarik jutaan orang untuk duduk di depan layar. Karakter-karakter Marvel seperti, Captain America, Spider-Man, Doctor Strange, Black Widow atau Iron Man memiliki penggemarnya masing-masing.

Wadah komik ini Stan Lee dan Martin Goodman pada tahun 1934. Sebelumnya, Marvel didirikan pertama kali dengan nama Timely Publications pada 1939. Melansir laman Screenrant, logo Timely Comics saat itu melambangkan perisai pemanas abad pertengahan Eropa yang berwarna biru putih.


Baca Juga:

Mengenal 5 Logam Terkuat di Marvel Universe

marvel
Logo Marvel pada 1963. (Foto Screenrant)


Desain logo ini hampir mirip dengan perisai asli Captain America di Captain America Comics, salah satu penjualan terbesar Timely yang rilis pertama kali pada Maret 1941. Di masa-masa ini, Timely merekrut orang-orang yang belakangan menjadi legenda industri komik Amerika Serikat dan bahkan dunia. Seperti Jack Kirby dan Stanley Martin Lieber atau dikenal sebagai Stan Lee sebagai editor.

Pada 1950-an, Timely Comics kemudian berganti nama menjadi Atlas Comics dan mengubah logonya menjadi globe hitam putih bertuliskan Atlas. Pada saat itu, perusahaan komik yang diasuh Goodman mulai memperlebar genre komiknya hingga ke genre selain superhero. Seperti petualangan, kriminal, hingga seputar perang.

Tujuh tahun kemudian, perusahaan kembali berganti nama menjadi Marvel Comics. Logonya lingkaran hitam dengan latar belakang merah serta nama Marvel Comics warna putih. Sekitar awal 1960-an, Marvel menunjukkan versi lain dari logonya, yakni huruf MC yang dicetak di atas satu sama lain.


Baca Juga:

Disney Akuisisi Fox, 3 Film Superhero Marvel ini Akan Kembali ke Kandangnya

marvel
Logo Marvel pertama kali. (Foto CEOWORLD magazine)


Pada tahun 1963, komik Marvel Age dimulai ketika Stan Lee, Jack Kirby, Steve Ditko, dan tokoh-tokoh hebat lainnya. Saat itu mulai diperkenalkan The Fantastic Four, The Incredible Hulk, The Amazing Spider-Man, dan buku komik klasik lainnya. Logo yang digunakan yakni tulisan Marvel Comics Group yang terletak di bawah sudut kotak di bagian sampul.

Ketika Marvel memperkenalkan Ultimate Marvel di awal 2000-an, mereka merilis logo terbarunya. Yakni tulisan Marvel berwarna putih di dalam kotak merah. Logo tersebut sering digunakan di beberapa pengenalan film Marvel. Tampilan logo Marvel saat ini masih digunakan sampai sekarang dan menjadi identitas Marvel yang paling khas. (and)

Baca Juga:

Superhero Marvel dan DC Beri Penghormatan kepada para Tenaga Medis



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH