Ngaku Bisa Usir Setan dari Kapal, ‘Habib Said’ Dicokok Polisi Ilustrasi ditangkap (Foto: Warinternasional)

MerahPutih.Com - Awalnya tak ada yang aneh dalam perkenalan antara Habib Said dengan Budiono. Habib Said mengaku kepada Budiono yang juga seorang pemilik kapal itu bahwa dirinya memiliki kemampuan mengusir setan.

Kepada Budiono yang juga kapten kapal, Habib Said mengajukan beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum melakukan ritual usir setan. Salah satu syaratnya yakni Budiono harus menyerahkan uang sebesar Rp2,5 juta.

Begitu uang sudah diserahkan, malah ritual batal dilaksanakan dan Habib Said menghilang. Budiono yang merasa ditipu kemudian melaporkan hal kepada Polres Barito Selatan.

Ternyata usut punya usut, Habib Said bukanlah nama sebenarnya. Habib itu tak lain seorang pemuda pengangguran yang bernama asli Jeki alias Ari.

Jeki adalah warga Desa Bambaler. Polisi kemudian menangkap ‘Habib Sadi’ dengan dugaan penipuan.

"Pelaku yang mengaku habib tersebut bernama Jeki alias Ari (18) warga Desa Bambaler," kata Kapolres Barito Selatan AKBP Eka Syarif Nugraha Husen melalui Kasat Reskrim AKP Trio Sugiono di Buntok, Kamis (8/3).

Menurut dia, pelaku yang mengaku sebagai Habib Said tersebut bisa mengusir setan dari kapal milik korban bernama Budiono.

"Kejadian penipuan ini terjadi pada Rabu (28/2) lalu yang mana pelaku mengaku bisa mengusir setan dari kapal milik korban, dan pelaku meminta sejumlah persyaratan kepada korban untuk melaksanakan ritual," katanya.

Adapun persyaratan yang diminta pelaku kepada korban yang merupakan kapten kapal itu diantaranya seperti kain kuning, kain putih, piring warna coklat dan sejumlah uang Rp2,5 juta.

"Ketika syarat yang diminta pelaku sudah dipenuhi, tersangka meminta korban untuk membuka syarat itu pada Kamis (1/3)," katanya.

Setelah persyaratan tersebut dibuka pada waktu yang telah ditentukan tersebut lanjut dia, ternyata uang Rp2,5 juta sudah hilang.

Merasa ditipu pelaku, kata Sugiono sebagaimana dilansir Antara, korban langsung melaporkan kejadian itu ke Mapolres Barito Selatan dan setelah mendapatkan laporan, pihaknya kemudian melakukan pencarian terhadap tersangka.

"Setelah dilakukan pencarian, kita berhasil menangkap pelaku yang mengaku sebagai Habib Said tersebut," ungkap Trio Sugiono.

Kasat Reskrim Barito Selatan mengatakan, atas perbuatannya, tersangka Jeki alias Ari atau Habib Said (18) warga Desa Bambaler tersebut dijerat dengan pasal 378 KUHP jo pasal 372 KUHP.(*)


Tags Artikel Ini

Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH