parenting
Putar Otak Demi Punya Perlengkapan Bayi Minim Budget Cara dapatkan perlengkapan bayi murah meriah (Sumber: Pexels/RODNAE PRODUCTION)

KEHADIRAN bayi merupakan hal ditunggu-tunggu calon ibu. Layaknya mamalia lain, nesting instinct pada calon ibu akan meningkat. Apa itu nesting instinct? Nesting instict, menurut Marla Anderson, peneliti Ilmu Saraf & Perilaku, Departemen Psikologi, McMaster University, merupakan naluri bersarang pada perempuan hamil mendekati waktu melahirkan dengan puncaknya pada trimester tiga.

"Nesting instinct mengikat kita dengan masa lalu leluhur kita. Menyediakan lingkungan aman membantu meningkatkan ikatan dan keterikatan antara ibu dan bayi," katanya dikutip Sciencedaily.

Baca juga:

Rela Menghirup 'Harumnya' Toilet demi Skip Upacara

Jadi, 'bersarang' maksudnya mulai menyiapkan 'rumah' nyaman untuk kedatangan bayi dengan membeli perlengkapan 'buah hati'. Kegiatan belanja peralatan bayi lantas menjadi momen paling menggembirakan! Mulai dari beli stroller, baby nest, pakaian bayi, peralatan mandi, dan lain sebagainya.

Kendati hal tersebut seru dilakukan, Moms kudu bijaksana supaya pengeluaran enggak membengkak. Apalagi mengingat pengeluaran besar bukan dialokasikan untuk beli perlengkapan bayi saja tetapi juga untuk biaya melahirkan.

Hal pertama bisa dilakukan tentu saja dengan membuat daftar perlengkapan apa saja perlu dan tidak perlu dibeli. Konsultasikan kepada teman atau kerabat tentang kebutuhan tersebut. Nah jika sudah buat daftarnya, kamu tetap bisa menghemat anggaran loh Moms. Apa saja bisa dilakukan agar bisa beroleh barang dibutuhkan tetapi anggaran tidak terkuras?

1. Lungsuran

lungsuran
Stroller bisa dipakai turun menurun (Sumber: Pexels/RODNAE PRODUCTION)

Beberapa perlengkapan bayi bisa dipakai secara turun-temurun loh! Beberapa anak lebih suka digendong dalam dekapan ibunya, strollernya pun akhirnya nganggur enggak terpakai. Nah, stroller tidak terpakai atau bekas bayi saudara bisa dipinjam loh, Moms!

Benda kedua bisa dipinjam dari saudara atau teman, baju bayi. Baju bayi ukuran newborn tidak akan terpakai lama karena saat fase growth spurt pertumbuhan bayi akan sangat pesat. Jadi, dapat dipastikan kondisi baju newborn milik anak teman atau saudara masih dalam keadaan baik. Daripada beli, pinjam saja dari mereka. Selain stroller dan baju bayi ukuran newborn, ada sejumlah benda lungsuran lain bisa dipinjam misalnya box bayi, alat pompa AS,I dan lain sebagainya.

2. Sewa

mainan anak
Mainan yang lebih baik sewa (Sumber: Pexels/Polesie Toys)

Benda tidak akan terpakai lama bayi dan balita adalah mainan! Di fase awal, anak masih dalam tahap eksplorasi. Hal tersebut akan membuat mereka mudah bosan dengan mainan sudah ada. Alhasil mainan terlanjur dibeli akan mubazir dan membuat rumah tampak sempit.

Daripada buang-buang uang dan mubazir, Moms bisa sewa mainan anak di rental mainan anak loh. Mulai dari brakiasi, mobil-mobilan, ayunan, hingga perosotan tersedia di sana. Moms juga bisa sewa stroller atau kasur bayi. Tidak hanya untuk menghemat, tempat rental mainan juga bisa dimanfaatkan untuk uji coba sebelum memutuskan membeli suatu produk.

3. Beli preloved

preloved
Mama muda lainnya biasa menjual perlengkapan bayinya yang sudah tidak terpakai (Sumber: Pexels/Sunvani Hoang)

Di luar sana, ada banyak Moms mau "cuci gudang" loh. Biasanya, alasan mereka menjual perlengkapan bayi karena sudah tidak terpakai dan anak tidak suka. Mereka jual perlengkapan anaknya sudah tidak terpakai dengan harga miring. Kualitasnya pun cenderung bagus dan masih berfungsi baik.

Baca juga:

Fenomena Absensi Penuh, Kuliah Bolong

Nah, perlu diperhatikan jika ingin membeli barang perlengkapan bayi preloved. Soal ukuran dan kegunaan sudah pasti jadi hal paling penting. Sesudahnya, tentu jangan lupa telitil terkait hal-hal detail, semisal kelengkapan bila berkaitan dengan benda atau alat, seperti stroller. Intinya, jangan tidak teliti.

4. Ikutan give away

give away
Ikutan give away dan ajak teman sebanyak-banyaknya (Sumber: Pexels/Amina Filkins)

Sejumlah merek perlengkapan bayi kerap mengadakan give away. Biasanya, produk akan dibagi-bagikan secara gratis adalah produk baru rilis atau paling tinggi peminatnya.

Perlu Moms lakukan ketika muncul kesempatan tersebut dengan memenuhi persyaratan give away. Biasanya peserta hanya perlu berkomentar di akun penyelenggara, mengunggah ulang unggahan penyelenggara di IGstory dan lain-lain. Pihak penyelenggara akan memberitahu kapan give away akan berakhir dan kapan pengumuman pemenangnya.

5. Request kado ke teman

request kado
Request kado ke teman yang menengok (Sumber: Pexels/Jonathan Borba)

Jelang kelahiran, bukan cuma kita dibuat excited loh, Moms! Teman-teman dan sanak keluarga pun turut semangat.

Bentuk kebahagiaan mereka biasanya dengan 'menghujani' berbagai kado untuk 'si kecil'. Nah! Momen ini bisa dimanfaatkan dengan request kado berupa barang belum dimiliki. (avia)

Baca Juga:

Mengapa Siasat Jahat Saat Ujian Tak Perlu Dilakukan

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sony Akuisisi Delight Works untuk Garap Game Smartphone
Fun
Sony Akuisisi Delight Works untuk Garap Game Smartphone

Sony berambisi meramaikan pasar game smartphone.

Asisten AI Apple Siri Punya Suara Baru
Fun
Asisten AI Apple Siri Punya Suara Baru

Siri tidak lagi hanya bersuara perempuan.

Ada di London, Kolam Langit Transparan Pertama di Dunia
Fun
Ada di London, Kolam Langit Transparan Pertama di Dunia

Berani renang di kolam langit ini?

Sandra Oh Turun ke Jalan, "Saya Bangga Menjadi Orang Asia"
ShowBiz
Sandra Oh Turun ke Jalan, "Saya Bangga Menjadi Orang Asia"

Oh memberikan pidato yang penuh semangat.

Puluhan Pesepeda di Tour De France 2021 Ambruk Akibat Ulah Penggemar
Fun
Puluhan Pesepeda di Tour De France 2021 Ambruk Akibat Ulah Penggemar

Sang penggemar mengganggu lintasan Tour De France

Amerika Serikat Kembalikan Tiga Artefak Indonesia
Fun
Amerika Serikat Kembalikan Tiga Artefak Indonesia

Atas penyelidikan terhadap Subhash Kapoor.

Teknologi Matahari Buatan ini Bisa Basmi COVID-19 di Ruang Publik
Fun
Teknologi Matahari Buatan ini Bisa Basmi COVID-19 di Ruang Publik

Kini ada sebuah teknologi baru yang akan membantumu agar lebih aman ketika berada di ruang publik.

Converse Indonesia Luncurkan Platform E-Commerce
Fun
Converse Indonesia Luncurkan Platform E-Commerce

Langkah Converse Indonesia untuk mengekspansi bisnis.

Dian Sastro Bagikan Tips Ajari Anak Tentang Bahaya COVID-19
ShowBiz
Dian Sastro Bagikan Tips Ajari Anak Tentang Bahaya COVID-19

Dian Sastro punya cara tersendiri dalam mengajari Anak Tentang Bahaya COVID-19