Ngabuburit Berfaedah dengan Merawat AC Mobil

Raden Yusuf NayamenggalaRaden Yusuf Nayamenggala - Kamis, 07 April 2022
Ngabuburit Berfaedah dengan Merawat AC Mobil
Kenali cara mudah merawat AC Mobil (Foto: pixabay/joshuajcreative)

BANYAK hal bermanfaat yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu ngabuburit menjelang berbuka puasa, salah satunya yakni dengan merawat AC kendaraan.

AC merupakan salah satu komponen mobil yang harus dirawat secara rutin. Hal itu bertujuan untuk menjaga kenyamanan kendaraan.

Baca Juga:

IMX 2022 Padukan Otomotif dan Gaya Hidup

Pentingnya merawat AC Mobil (Foto: pixabay/ninofficialphotography)

Mengingat pentingnya fungsi AC mobil, berikut ini sejumlah merawat ac seperti yang dilansir dari laman Auto2000.

Pertama yakni jaga kebersihan kabin mobil. Kabin mobil yang kotor dan berdebu, bisa menggangu kebersihan AC Mobil. Kondisi tersebut dapat menjadi tidak sehat karena kotor.

Terlebih, karena AC mobil memakai sistem sirkulasi tertutup yang memanfaatkan udara di kabin mobil, dan didinginkan secara berulang-ulang.

Tips yang kedua yakni hindari membuka kaca mobil saat berjalan. Kondisi ini biasanya terjadi ketika ingin membayar tol atau parkir, yang membuat pengendara wajib membuka kaca mobil. Hal itu tentunya tidak bisa dihindari.

Kemudian, segera tutup kaca mobil setelah urusan selesai, agar kotoran tidak bisa masuk ke dalam kabin mobil. Usahakan untuk tak membuka kaca bila tidak ada kepentingan.

Tindakan tersebut bisa membuat kabin tetap sejuk, karena kerja AC tidak terlalu berat lantaran di dalam mobil selalu dingin.

hindari membuka kaca mobil saat berjalan (Foto: pixaba/ktphotography)

Tips ketiga yaitu jangan merokok di dalam mobil. Karena, aroma tidak sedap dari asap rokok sangat sulit dihilangkan, dan akan menempel pada berbagai sudut di kabin mobil.

Kemudian, asap rokok pun memiliki potensi masuk pada sistem sirkulasi AC, sehingga udara dan aroma tidak sedap dari nikotin berbahaya bagi kesehatan, akan bercampur dengan udara pendingin kabin.

Selain itu, asap rokok juga bisa menempel pada filter kabin atau filter AC, yang menyaring udara dari AC mobil, hingga memperpendek usia pakai dan memicu kerusakan.

Tips keempat, yakni selalu bersihkan filter AC Mobil. Filter AC Mobil atau yang disebut juga sebagai filter kabin, merupakan penyaring udara yang digunakan untuk mendinginkan kabin mobil.

Baca Juga:

Kolaborasi IMI dan Ancol Beach City Gairahkan Wisata Otomotif

Posisi filter AC biasanya berada pada dasbor dan mengambil udara dari sisi kaki penumpang depan. Lokasi tersebut sangat rentan kotor, karena itu, pemilik mobil harus memastikan kebersihan filter AC guna menjaga kualitas udara di dalam mobil agar tetap segar dan bersih.

Apabila ketika menyalakan AC terasa tidak segar dan kurang nyaman, pemilik mobil bisa berkonsultasi pada service advisor bengkel, untuk dilakukan pengecekan serta pembersihan bila diperlukan.

Tips kelima yakni gunakan pengharum mobil yang sesuai. Aroma wangi yang keluar dari pengharum mobil mungkin belum tentu cocok untuk semua orang. Agar aman, gunakan parfum dengan aroma netral atau tidak menyengat.

Pemilihan pengharum ruangan yang tidak sesuai bisa membuat ac cepat kotor dan merusak interior mobil, seperti halnya meninggalkan ercak noda. Kemudian, jenis bahan pengharum mobil juga perlu perhatian khusus, karena bila salah pilih, kandungan kimia pada pengharum bisa mengotori kondensor AC. (Ryn)

Baca Juga:

Gaikindo Prediksi Pasar Otomotif Indonesia di 2022 Mendekati Normal

#Mobil #Tips Otomotif
Bagikan
Ditulis Oleh

Raden Yusuf Nayamenggala

I'm not perfect but special
Bagikan