NFT Lukisan Karya Ridwan Kamil Laku Terjual Rp 45,9 Juta

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 18 Januari 2022
NFT Lukisan Karya Ridwan Kamil Laku Terjual Rp 45,9 Juta
Lanang Cikal Narendra. (Foto: Instagram/lanangcikall)

NON Fungible Token (NFT) lukisan berjudul Pandemic Self Portrait karya Ridwan Kamil laku 1 Ethereum (ETH) atau sekitar Rp 45,9 juta di marketplace OpenSea. Lukisan tersebut diketahui dibeli oleh pengusaha bernama Lanang Cikal Narendra dan hasil penjualan NFT akan disumbangkan untuk yayasan yang membantu anak yatim piatu.

"Hasilnya akan disumbangkan untuk yayasan yang membantu kepada anak-anak yang menjadi yatim piatu karena orang tuanya meninggal oleh pandemi covid di Jawa Barat," tulis Emil, panggilan akrab Ridwan Kamil di unggahan Instagram-nya, Minggu (16/1).

Lanang Cikal Narendra diketahui baru mempelajari dunia NFT dan ingin mencari NFT untuk dijadikan koleksi pertama. Ketika melihat unggahan Ridwan Kamil, ia langsung membeli NFT Pandemic Self Portrait.

"Saya buka profile OpenSea pak Ridwan Kamil ada satu lukisan juga yang saya lihat, pikir saya ini lukisan pasti untuk bantu orang lain lagi. Saya jadikan pilihan pertama untuk belajar. Semoga to the moon," tulisnya di Instagram, Minggu (16/1).

Baca juga:

Ghozali Everyday Jual Foto Selfie NFT, Harga Tertinggi Rp 3 Triliun

NFT Lukisan Ridwan Kamil Dibeli Pengusaha Rp 45,9 Juta
Dibeli dengan harga 1 ETH. (Foto: Instgram/lanangcikall)

Ini bukan kali pertama Ridwan Kamil berhasil menjual sebuah NFT dengan harga tinggi. Sebelumnya, ia berhasil menjual karya seniman jalanan di Braga Bandung yang biasanya Rp 500 ribu melonjak delapan kali lipat menjadi Rp 4,2 juta.

"Pemprov Jawa Barat mulai tahun 2022 membuka akun khusus di platform digital ini untuk membantu menjualkan karya para pelaku ekonomi kreatif Jawa Barat menjadi lebih berlipat nilai ekonominya," katanya.

Baca juga:

Foto Selfie NFT Ghozali Everyday Viral, Warganet Riuh


NFT belakangan ini sedang ramai menyusul kesuksesan Ghozali yang meraup miliaran berkat foto selfie di OpenSea. Koleksi foto yang diberi nama Ghozali Everyday ini berisikan 933 foto yang terdiri dari foto selfie dari 2017-2021. Ghozali pun meraup cuan hingga Rp 1,7 miliar. Pembeli NFT Ghozali tidak hanya para penggiat aset kripto saja, bahkan figur publik turut mengoleksi, salah satunya Chef Arnold Poernomo dan Reza Arap.

Sebagai informasi, Ethereum adalah mata uang digital kripto yang sering dimanfaatkan untuk jual beli aset NFT. Viralnya Ghozali tentu membuat publik penasaran, bagaimana bisa foto selfie dihargai sedemikian tingginya. Sebagian orang mungkin berpikir NFT punya potensi besar di masa depan. (and)

Baca juga:

Meski NFT Belum Punya Payung Hukum, Ghozali Tetap Ditagih Pajak

#NFT #Ridwan Kamil
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan