Sains
 Netizen Bersemangat Pecahkan Pesan Rahasia di Parasut Pendaratan Mars Parasut yang mendaratkan Perseverance di Mars. (Foto: nyt.com)

SEBUAH video yang dibagikan oleh NASA pada Senin (22/2) mengungkapkan pandangan pertama pada pesawat ruang angkasa yang mendarat di Mars. Netizen dengan cepat mengambil tantangan untuk memecahkan kode pesan yang tersembunyi di parasut wahana penjelajah Perseverance.

Dalam video tersebut, parasut berwarna oranye-putih dapat dilihat di atas wahana penjelajah yang berfungsi membantu memperlambat penurunan pesawat luar angkasa. Gambar beranotasi ini diambil oleh kamera parasut up-look di cangkang belakang pelindung Perseverance rover selama pendaratannya di Mars.

Baca juga:

Kapan Manusia Bisa Pergi ke Mars?

"Anda mungkin memperhatikan pola yang ada di parasut di sini. Pola yang berbeda berguna dalam membantu kami menentukan orientasi clocking parasut. Selain itu, bagian yang kontras dapat berguna dalam melacak bagian berbeda dari parasut saat mengembang," kata Allen Chen, pemimpin pendaratan, penurunan, dan pendaratan untuk penjelajah seperti diberitakan cnn.com (24/2).

Kode yang memuat pesan rahasia di parasut. (Foto: cnn.com)

"Selain memungkinkan sains yang luar biasa, kami berharap upaya dan teknik kami dapat menginspirasi orang lain. Terkadang kami meninggalkan pesan dalam pekerjaan kami agar orang lain dapat menemukannya untuk tujuan itu. Jadi kami mengundang Anda semua untuk mencobanya dan memecahkan kodenya," lanjut Chen.

Para penggemar luar angkasa yang bermata elang menerima tantangan Chen dan berusaha keras untuk mengungkap kode. "Sepertinya internet telah memecahkan kode dalam waktu sekitar 6 jam! Oh internet, adakah yang tidak dapat Anda lakukan?," tulis tweet Adam Steltzner, chief engineer rover tersebut.

Pesan tersembunyi parasut tersebut mencakup moto NASA Jet Propulsion Laboratory, "Dare mighty things" serta koordinat GPS untuk JPL di Pasadena, California. Pesan-pesan itu dimasukkan ke dalam parasut menggunakan kode biner di dalam gores putih dan oranye, atau segitiga kain.

Bagian dalam parasut mencakup "Dare mighty things," dengan setiap kata dalam lingkaran darah yang mengembang. Pita di sekitar parasut adalah tempat koordinat GPS untuk JPL dapat ditemukan.

Baca juga:

Fenomena Langka, Mars Lebih Dekat dengan Bumi

Perseverance rover ini dibangun oleh tim di JPL, tempat misi tersebut dikendalikan. Ian Clark, insinyur sistem penjelajah, adalah dalang di balik pola kode biner pada parasut.

Pesan tersebut bukan petunjuk pertama yang disertakan dengan penjelajah Perseverance. Tim misi penjelajahan Mars ini telah menyatakan akan lebih banyak lagi yang akan terungkap dalam gambar yang dikembalikan Perseverance rover di masa depan.

Parasut Perseverance yang belum terbuka sempurna. (Foto: insider.com)

Wahana penjelajah ini membawa chip silikon berisi nama hampir 11 juta orang yang berpartisipasi dalam kampanye "Kirim Nama Anda ke Mars", serta 155 esai yang dikirimkan oleh siswa yang mengikuti kontes untuk memberi nama penjelajah. Perseverance juga memiliki plat logam sebagai bentuk penghargaan untuk petugas kesehatan selama pandemi.

Di dek kapal penjelajah terdapat target kalibrasi sarat simbol untuk Mastcam-Z, atau sepasang kamera yang dapat diperbesar milik penjelajah. Target kalibrasi termasuk contoh warna untuk menyesuaikan pengaturan kamera, tetapi juga simbol pria dan wanita, pakis, dinosaurus, roket yang bergerak dari Bumi ke Mars, model tata surya bagian dalam, DNA dan cyanobacteria, yang adalah salah satu bentuk kehidupan paling awal di Bumi.

Target tersebut juga mencakup motto, "Two worlds, one beginning," yang menyinggung gagasan bahwa Bumi dan Mars diciptakan dari debu sama yang berputar-putar di sekitar matahari miliaran tahun lalu. Target kalibrasi untuk instrumen SHERLOC, atau Scanning Habitable Environments with Raman & Luminescence for Organics & Chemicals, juga membawa beberapa permata tersembunyi. (aru)

Baca juga:

Elon Musk Tetap Bangga Meski Roket SpaceX Meledak

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak, Kenali Penyebabnya
ShowBiz
Tukul Arwana Alami Pendarahan Otak, Kenali Penyebabnya

Pendarahan otak dikenal juga dengan nama pendarahan intracranial

Cara Mengakses Sertifikat Vaksin COVID-19 di Pedulilindungi
Fun
Cara Mengakses Sertifikat Vaksin COVID-19 di Pedulilindungi

Sertifikat vaksin COVID-19 bisa didapatkan secara digital.

Alunan Dandgut Ala Silampukau di Single Terbaru ‘Dendang Sangsi’
ShowBiz
Alunan Dandgut Ala Silampukau di Single Terbaru ‘Dendang Sangsi’

Silampukau coba merangkum runyamnya keadaan dunia dengan merilis sebuah single dangdut.

Perut Buncit? Begini Mengecilkannya
Fun
Perut Buncit? Begini Mengecilkannya

Perut buncit mengganggu penampilan? Begini menghilangkannya.

Tanaman Karnivora, antara Hobi, Bisnis dan Teman Saat Isolasi Mandiri
Fun
Tanaman Karnivora, antara Hobi, Bisnis dan Teman Saat Isolasi Mandiri

Seiring berjalannya waktu, rasa penasaran tentang tanaman karnivora semakin tinggi. Akupun 'Ngilmu di Negeri Aing' dengan ...

Jelang Natal, Temukan Sinterklas di Google
Fun
Jelang Natal, Temukan Sinterklas di Google

Pria tua berjenggot putih dan bertopi merah ini kabarnya akan datang di malam Natal melalui cerobong asap rumah.

Intip 3 Sneaker Kolaborasi Supreme dan Nike Air Max 96
Fashion
D’Cinnamons Rilis Album baru ‘Home’ di Januari 2021
ShowBiz
D’Cinnamons Rilis Album baru ‘Home’ di Januari 2021

Jika bentuk audio dapat mengembara tanpa batas, maka rilisan fisik menyediakan rumah.

Ibu Rumah Tangga Bisnis Online? Kenapa Enggak
Fun
Ibu Rumah Tangga Bisnis Online? Kenapa Enggak

Selain bisa dikerjakan di rumah, bisnis online juga memiliki waktu yang fleksibel

Serba Cashless Karena COVID-19
Fun
Serba Cashless Karena COVID-19

Alat pembayaran tunai memiliki potensi penularan COVID-19.