Film

Netflix Gaet 6 Juta Pelanggan Baru berkat Strategi Password Sharing

Andrew FrancoisAndrew Francois - Kamis, 20 Juli 2023
Netflix Gaet 6 Juta Pelanggan Baru berkat Strategi Password Sharing
Aturan pelarangan berbagi password berbuah baik bagi Netflix. (Foto: Unsplash/Venti Views)

NETFLIX berhasil melihat hasil positif dari upayanya untuk menindak berbagi kata sandi. Perusahaan itu melaporkan pertumbuhan yang signifikan dalam jumlah pelanggan berbayar selama beberapa bulan setelah mendorong pengguna untuk menghentikan berbagi akun dengan orang di luar rumah tangga mereka.

Seperti diberitakan Endgadget, Kamis (20/7), dalam kuartal kedua tahun 2023, Netflix berhasil menambah hampir 6 juta pelanggan berbayar, meningkatkan jumlahnya sebanyak 8 persen. Hasil ini juga dikonfirmasi oleh laporan data dari pihak ketiga sebelumnya yang menunjukkan bahwa pembatasan diperketat telah berhasil.

Netflix menyatakan melalui surel kepada para pemegang saham bahwa upaya untuk menghentikan berbagi kata sandi tidak menyebabkan pembatalan akun secara besar-besaran. Bahkan sebaliknya, itu mendorong lebih banyak orang untuk mendaftar akun mereka sendiri.

Baca juga:

Netflix Perketat Aturan Sharing Password Mulai Maret 2023

Pelanggan kini tak bisa lagi berbagi password ke orang lain. (Foto: Unsplash/Mollie Sivaram)

Perusahaan menulis, "Reaksi pembatalan rendah, dan sementara kami masih berada dalam tahap awal monetisasi, kami melihat konversi yang baik dari rumah tangga peminjam menjadi anggota Netflix berbayar penuh serta penggunaan fitur anggota tambahan kami."

Selain membatasi berbagi akun, Netflix juga telah mengenalkan fitur 'berbagi berbayar' yang memungkinkan pelanggan membayar untuk menambahkan anggota baru ke akun mereka dengan biaya ekstra sebesar USD 8 (Rp 120 ribu) per bulan.

Opsi itu telah tersedia di lebih dari 100 negara, menurut Netflix. Perusahaan juga telah mengadaptasi rencana mereka dengan mengonfirmasi bahwa mereka telah menghapus paket termurah seharga USD 10 (Rp 150 ribu) di Amerika Serikat dan Inggris setelah sebelumnya melakukannya di Kanada.

Baca juga:

'Luther: The Fallen Sun' Trending di Netflix, Baca Sinopsisnya Dulu

Strategi pelarangan berbagi password akan terus diperluas ke berbagai negara. (Foto: Unsplash/Thibault Penin)

Netflix berencana untuk terus membatasi berbagi kata sandi di beberapa negara yang belum menerapkan pembatasan tersebut, termasuk India, Kenya, dan Kroasia.

Di wilayah-wilayah itu, opsi anggota tambahan tidak akan ditawarkan karena perusahaan telah melakukan penyesuaian harga. Sebagai alternatif, perusahaan menawarkan alat yang memungkinkan pengguna untuk mentransfer profil mereka ke akun baru.

Netflix juga mencatat dampak pemogokan yang sedang berlangsung di antara aktor dan penulis Hollywood. Perusahaan mengurangi perkiraan pengeluaran sekitar USD 1,5 miliar (Rp 22,5 triliun) karena pemogokan tersebut.

Meski begitu, dalam wawancara tentang hasil perusahaan, co-CEO Ted Sarandos menegaskan bahwa perusahaan tidak ingin pemogokan terjadi dan berkomitmen untuk mencari solusi yang adil dengan para pekerja di meja perundingan. (waf)

Baca juga:

Netflix Hadirkan Film Dokumenter Kisah Pembunuhan Paling Terkenal di Kanada

#Film
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan