Bisnis

Netflix Berencana Sunat Pengeluaran hingga Rp 4,4 Triliun

Andrew FrancoisAndrew Francois - Minggu, 14 Mei 2023
Netflix Berencana Sunat Pengeluaran hingga Rp 4,4 Triliun
Netflix ingin genjot pendapatan. (Foto: Unsplash/Venti Views)

NETFLIX berencana memangkas pengeluarannya sebesar USD 300 juta (Rp 4,4 triliun) tahun ini, menurut laporan baru dari The Wall Street Journal. Laporan itu mengungkapkan Netflix ingin menunda rencananya untuk menindak pengguna yang berbagi kata sandi di Amerika Serikat (AS) dan beberapa tempat lain.

Perusahaan itu merasa perlu menindak berbagi kata sandi karena itu menekan angka pendapatan mereka. Namun, Netflix kini malah berencana untuk menunda strategi itu, hingga kuartal kedua tahun ini. Sebagai gantinya, perusahaan meminta staf mereka untuk lebih bijaksana dengan pengeluaran kantor.

Secara detail, salah satu yang diinginkan perusahaan adalah untuk menunda perekrutan karyawan baru. Namun, Netflix memastikan mereka tidak akan melakukan PHK atau pembekuan perekrutan, hanya perlu menundanya saja atau filtrasi perekrutan yang lebih 'ekonomis'.

Baca juga:

Netflix Hadirkan Film Dokumenter Kisah Pembunuhan Paling Terkenal di Kanada

Netflix akan perketat aturan berbagi kata sandi. (Foto: Unsplash/Thibault Penin)

TechCrunch melaporkan, pemangkasan pengeluaran sebesar Rp 4,4 triliun itu sebetulnya hanya sebagian kecil dari total pengeluaran tahunan mereka. Pasalnya, pada tahun lalu saja, Netflix bisa menghabiskan sekitar USD 26 miliar (Rp 385 triliun) untuk biaya operasional saja.

Netflix menaikkan perkiraan jumlah arus kas bebas yang ingin dihasilkannya pada tahun 2023 menjadi setidaknya USD 3,5 miliar (Rp 51,9 triliun), naik dari USD 3 miliar (Rp 44,5 triliun). Saat ini, untuk mendambah pundi-pundi pendapatan, Netflix tengah mengembangkan skema pelaran berbagi kata sandi.

Mereka saat ini telah meluncurkan tindakan keras terhadap berbagi kata sandi di Kanada, Selandia Baru, Portugal, dan Spanyol. Bagi pelanggan di negara-negara itu, wajib menetapkan lokasi utama untuk akun mereka.

Baca juga:

Tidak Ada Lagi Berbagi Password Netflix di 2023

Netflix ingin tunda perekrutan karyawan baru. (Foto: Netflix)

Bila seseorang yang tidak tinggal dengan lokasi utama akun itu kedapatan mengakses Netflix dengan akun yang sama, maka akan diperingatkan untuk membeli anggota tambahan. Netflix mengizinkan hingga dua anggota tambahan per akun dengan biaya yang bervariasi antar negara.

Selain itu, perusahaan tersebut juga telah meluncurkan paket baru yang lebih murah, namun didukung dengan iklan. Paket itu dibanderol USD 6,99 (Rp 103 ribu) per bulan, atau sekitar USD 13 (Rp 192 ribu) lebih murah dari paket premiumnya.

Melalui paket tersebut, Netflix berharap dapat bersaing dengan layanan streaming kompetitor, seperti Disney+, Hulu, HBO Max, Paramount+, hingga Peacock yang telah menawarkan opsi paket dengan iklan. (waf)

Baca juga:

Netflix Perketat Aturan Sharing Password Mulai Maret 2023

#Bisnis
Bagikan
Ditulis Oleh

Andrew Francois

I write everything about cars, bikes, MotoGP, Formula 1, tech, games, and lifestyle.
Bagikan