Nelayan Pantai Depok Bermula dari Nelayan Cilacap yang Nyasar

Zulfikar SyZulfikar Sy - Rabu, 15 Maret 2017
Nelayan Pantai Depok Bermula dari Nelayan Cilacap yang Nyasar
Pantai Depok, DIY. (MP/Fredy Wansyah)

Pantai Depok merupakan kawasan nelayan terbesar di Bantul, DI Yogyakarta. Tempat ini juga menjadi tempat favorit berwisata kuliner makanan laut (seafood) atau sekadar berburu ikan segar untuk dibawa pulang.

Usut punya usut, ternyata keberadaan aktivitas nelayan di Pantai Depok terbilang masih baru. Sebelumnya, di tahun 1980-an, warga di Pantai Depok, Kretek, Bantul, DI Yogyakarta, merupakan para petani.

Profesi mereka berubah ketika pada tahun 1997, sekelompok nelayan asal Cilacap menyasar ke Pantai Depok. Nelayan tersebut mendarat di bagian pesisir pantai yang cukup baik, berada di sisi barat Pantai Depok. Para nelayan itu membawa hasil tangkapan yang cukup banyak sehingga menggugah warga Pantai Depok. Akhirnya, warga Pantai Depok pun mengikuti jejak nelayan asal Cilacap tersebut.

"Waktu itu terus banyak orang yang jadi nelayan. Kalau di sini disebut tekong," kata salah seorang nelayan tua, Supardi, saat ditemui di Pantai Depok.

Seiring banyaknya yang menjadi nelayan, di kawasan ini pun dibangun tempat pelelangan ikan (TPI). TPI tersebut bernama TPI Mina Bahari.

"Terus itu dibangun pemerintah pasar ikan. Yang dekat masjid itu. Dari situlah makin ramai, makin ke sini makin banyak wisatawan yang tahu," katanya.

Kini, aktivitas nelayan Pantai Depok semakin berkembang. Para wisatawan di Yogyakarta biasa berburu ikan segar dan kuliner seafood di Pantai Depok. (Fre)

Berita ini merupakan laporan dari Fredy Wansyah, kontributor merahputih.com untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya. Baca juga artikel seputar Yogyakarta di: Pasar Seni Gabusan, Kawasan Wisata Belanja Unik di Bantul

#Wisata Yogyakarta #Bantul
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan