Nekat Maju Jalur Independen, Ketua DPC PDIP Solo Ancam Cabut KTA Putra Sulung Jokowi Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo menanggapi manuver politik Gibran di Pilwakot Solo, Jawa Tengah, Jumat (11/10). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo bersikap tegas pada siapapun kader PDIP yang nekat maju lewat jalur independen di Pilwako Solo 2020.

Sikap tegas itu juga berlaku pada Gibran Rakabuming Raka yang senter beredar bakal maju Pilwakot lewat jalur perseorangan jika tidak mendapatkan rekomendasi sebagai cawali dari DPP PDIP.

Baca Juga:

Eks Caleg DPR Perindo Siap Dampingi Gibran di Pilwakot Solo Lewat Jalur Independen

"Ya jika benar Gibran nekat maju lewat independen, maka dia harus menerima konsekuensi keluar dari keanggotaan PDIP," ujar Rudy sapaan akrabnya kepada merahputih.com, Jumat (11/10).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo saat bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung
Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Surakarta, FX Hadi Rudyatmo saat bertemu dengan Gibran Rakabuming Raka di Loji Gandrung, Rabu (18/9). (MP/Ismail)

Rudy mengungkapkan maju lewat jalur independem, artinya Gibran sudah tidak mengakui sebagai anggota PDiP. Kalau benar keinginannya seperti itu, kata Rudy, bakal mencoret nama Gibran dari keanggotaan DPC PDIP Solo.

"Saya tidak perlu cabut KTA milik Gibran langsung saja dicoret, selesai sudah tidak perlu repot," kata dia.

Rudy mengingatkan tidak mempermasalahkan jika Gibran memang ingin maju lewat independen. Hal itu dia nilai sebagai hak setiap warga negara. Namun, arus tahu etika apalagi Gibran telah resmi jadi angota PDIP.

Gibran Rakabuming Raka saat menerima KTA PDIP
Gibran Rakabuming membuat KTA PDIP sebagai syarat maju Pilwakot Solo, Jawa Tengah, Senin (23/9). (MP/Ismail)

"Sebagai kader PDIP harus tegak lurus mengikuti aturan partai. Sebagai keluarga besar PDIP harus menjaganya bukan pilih jalur independen," kata dia.

Baca Juga:

Eks Relawan Prabowo-Sandi Yakin Gibran Maju Pilwalkot Karena Dorongan Jokowi

Rudy tidak khawatir dengan manuver yang dilakukan Gibran atau siapapun yang akan menjadi lawan pada Pilwalkot 2020. Meski rekomendasi DPP PDIP belum turun, Rudy sesumbar pasangan Achmad Purnomo-Teguh Prakosa yang diusugnya saat ini bakal menang.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Puan Maharani Restui Gibran Nyalon Wali Kota Solo



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH