Negara yang Nyaman untuk Berkarier Switzerland menjadi tujuan para ekspatriat saat ini. (Foto: Pexels/rawpixel.com)

PUNYA niat buat bekerja di luar negeri? Dalam survei yang dibuat oleh HSBC seperti dilansir oleh askmen, ternyata Amerika Serikat dan Singapura bukanlah tujuan untuk bekerja dan mendapatkan karier bagus.

Ini adalah kali pertama dalam lima tahun Amerika Serikat dan Singapura tidak masuk dalam 10 besar negara tujuan para ekspatriat. Yang mengejutkan adalah Switzerland menjadi tujuan para ekspatriat untuk bekerja. Padahal dalam survei yang sama tahun lalu, negara itu hanya menduduki posisi ke delapan.

pekerja
Hukum yang jelas dan transparan menjadi pertimbangan. (Pexels/Ruslan Burlaka)

Baca juga: Empat Negara Terbaik untuk Perempuan yang Mau Bekerja di Luar Negeri

Switzerland mengalahkan Singapura yang hanya duduk di posisi kedua. Di luar dunia kerja, negara itu memiliki pemandangan yang indah dengan udara yang segar. HSBC melaporkan kalau 82% ekspatriat yang sudah bekerja di negara itu mengakui memperoleh kualitas hidup yang lebih baik. Bahkan 71% mengakui bahwa kesehatan mereka jauh lebih baik ketimbang sebelumnya.

Negara lainnya yang menjadi tujuan para ekspatriat setelah Singapura adalah Kanada, Spanyol dan New Zealand. Kemudian setelah itu Australia, turki, Jerman dan UAE. Bahkan Vietnam pun masuk dalam 10 besar tujuan ekspatriat. Sementara Amerika Serikat jatuh ke posisi 23.

pekerja
Mudah beradaptasi dengan norma dan nilai lokal. (Foto: Pexels/energepic.com)

Banyak pertimbangan yang membuat para ekspatriat bekerja di negara asing. Pertama karena sistem hukum yang jelas dan transparan, kemudian regulasi dan kebutuhan tenaga kerja yang memberikan kemudahan pada mereka. Lalu para ekspatriat tidak menemukan kesulitan untuk beradaptasi dengan norma dan nilai lokal. Yang paling utama bagi para ekspatriat adalah kejelasan masa depan selama bekerja di negara asing.

Saat ini banyak ekspatriat muda yang memburu karier di luar negaranya. Mereka tak hanya memburu karier dan gaji yang baik, namun juga tempat mereka bisa bermukim. Mereka juga memiliki kesempatan untuk mempelajari kemampuan lainnya. Sampai akhirnya mereka memiliki kemungkinan untuk jatuh cinta pada negara tempat mereka bekerja. (psr)

Artikel lainnya: 7 Gaya Hidup Sehat bagi Pekerja Kantoran

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH