Wisata Dunia
Bikin Auto Pengin Pindah, Negara ini Murah dan Nyaman Negara ini bukan cuma nyaman tapi murah banget! (Sumber: Natuaventura)

"ADUH! Jenuh banget gue tinggal di Indonesia. Pengin pindah kewarganegaraan aja!" sambat temanmu suatu hari. Kamu pasti pernah dengar ada temenmu yang ngeluh tentang negara ini. Atau mungkin kamu salah satunya? Namun, apa daya, jangankan untuk pindah kewarganegaraan, bayangin harga tiket pesawat yang mahal aja rasanya enggak kuat.

"Tabungan masih dikit. Memangnya bisa ya dipakai hidup di luar negeri?" Eits, Jangan sedih dan pesimistis. Ada beberapa negara yang dikenal punya biaya hidup murah. Saking murahnya, kamu bahkan bisa hidup bak sultan di sana. Bikin pengin auto pindah deh.

BACA JUGA:

Work from Toba, ini Destinasi yang Bisa Kamu Kunjungi

1. Portugal

Portugal
Portugal siap memanjakan seluruh indera-mu (Sumber: Planetware)

Portugal dikenal sebagai salah satu negara yang paling ramah, termudah, dan teraman di dunia. Kampung halaman Christiano Ronaldo ini menduduki puncak Indeks Pensiun Global Tahunan untuk tahun 2020. Yang menambah daya tarik Portugal adalah penduduknya yang ramah, pantai yang menarik, sinar matahari yang cerah, dan budaya yang kaya. "Setelah tinggal di sini selama lebih dari tujuh tahun, saya telah ditanya berkali-kali,

'Mengapa Portugal?'” kata Tricia Pimental, koresponden International Living Portugal. “Tanggapan saya sering kali menyebutkan faktor-faktor seperti gaya hidup yang terjangkau,termasuk perawatan kesehatan profesional yang berkualitas, iklim sedang, peringkat keamanan tinggi, serta makanan dan anggur yang luar biasa.” Selain itu Portugal punya keindahan alam yang berpadu dengan arsitektur berbagai era, sejak ribuan tahun. Itu memberi rasa keabadian dan tradisi yang kekal. Jangan lupa untuk menambahkan kebaikan dan kesopanan orang-orang Portugis, itu kombinasi yang unggul.

2. Panama

Panama
Panama mirip banget Indonesia (Sumber: Travelpulse)

Bagi orang Indonesia yang nggak mau perbedaan cuaca ekstrem maka Panama bisa menjadi pilihan. Negara ini begitu hangat dan tropis. Dan meskipun mata uangnya adalah dolar AS, beban pajaknya ringan. Kita juga nggak perlu bingung terkendala masalah Bahasa karena populasi masyarakat di sana berbahasa Inggris. Belum cukup? Panama juga punya internet berkecepatan tinggi dan jangkauan seluler luar biasa.

Di negara tersebut juga ada Pensionado yang menyediakan tempat tinggal yang mudah bagi ekspatriat. Ini juga merupakan salah satu program pensiunan terbaik di dunia saat ini dan terbuka untuk semua orang. “Anda tidak akan pernah kehabisan hal untuk dilakukan di sini,” kata Jessica Ramesch, editor Panama International Living. Yang sedikit orang tahu adalah bahwa negara ini juga kaya akan budaya. Panama City adalah rumah bagi kebudayaan. Setiap bentuk seni dirayakan di sini. Faktor lain: Panama relatif dekat dengan Amerika.

3. Meksiko

Meksiko
Meksiko siap memanjakanmu dengan keadaan alam dan fasilitasnya (Sumber: Planetware)

Hidup itu sederhana di Meksiko. Ada layanan kesehatan berkualitas tinggi, pantai yang menakjubkan, pemandangan budaya yang semarak, dan biaya hidup yang rendah. “Istri saya, Diane, dan saya pindah ke Cancn pada tahun 2014,” kata Don Murray, koresponden Riviera Maya International Living.

Negara ini memiliki sesuatu untuk semua orang; lautan yang indah dan hangat, danau tropis sebening kristal, lahan pertanian yang subur, pegunungan yang sedang tapi megah, gurun yang sangat indah, kota kecil atau kota yang canggih. Dan itu cukup mudah untuk menyesuaikan diri.

4. Spanyol

Spanyol
Spanyol (Sumber: Planetware)

Spanyol memiliki standar hidup tertinggi. “Tidak ada pertanyaan harus mengorbankan apa pun untuk tinggal di sini. Bahkan, Anda akan mendapat banyak keuntungan,” kata Marsha Scarbrough, koresponden International Living di Spanyol. “Kamu mungkin harus bisa berbicara dalam Bahasa Spanyol agar hidupmu jauh lebih mudah.

Tapi jangan khawatir, tetapi ada banyak area pantai dengan komunitas ekspatriat berbahasa Inggris yang besar," lanjutnya. Negara ini punya sesuatu yang pasti membuatmu nyaman saat berada di sana. Orang Spanyol ramah, suka membantu, dan ingin tahu tentang budaya lain.

5. Vietnam

Vietnam
Liburan di Vietnam segalanya murah (FOTO: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

Kota modern, situs bersejarah kuno, pantai yang sepi, beberapa orang yang paling ramah di dunia dan salah satu ekonomi terkuat di Asia; itu adalah Vietnam. Biaya hidup Vietnam yang sangat rendah adalah insentif utama. Coba aja kamu berlibur ke sana. Begitu murahnya biaya hidup di sana, kamu bakal bingung ngabisin uangmu. Ini juga tempat yang mudah untuk ditinggali, dengan bahasa Inggris yang digunakan secara luas.(Avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sayangi Hatimu, Konsumsi yang Sehat Saja
Fun
Sayangi Hatimu, Konsumsi yang Sehat Saja

Jagalah hati bila ingin tetap sehat.

5 Sexual Aftercare untuk Meningkatkan Koneksi Emosional dengan Pasangan
Fun
E-Sport Indonesia Diharapkan Bangkit lewat PON XX Papua
Hiburan & Gaya Hidup
E-Sport Indonesia Diharapkan Bangkit lewat PON XX Papua

Cabang e-sport PON XX Papua juga menghadirkan gim Lokapala.

Lawan Hoaks, Kemenkominfo Gencarkan Literasi Digital
Hiburan & Gaya Hidup
Lawan Hoaks, Kemenkominfo Gencarkan Literasi Digital

Program edukasi penanganan hoaks dengan turun langsung ke daerah-daerah.

Joe Biden Keluarkan Perintah Eksekutif Soal COVID-19, Apa Isinya?
Fun
Bisnis Bareng Teman? Kenapa Tidak
Fun
Bisnis Bareng Teman? Kenapa Tidak

Ada 5 hal yang harus diketahhi bila berbisnis bareng teman.

Vietnam Umumkan Deteksi Varian Baru Gabungan Inggris-India
Fun
Vietnam Umumkan Deteksi Varian Baru Gabungan Inggris-India

Sejak COVID-19 pertama kali diidentifikasi pada Januari 2020, ribuan mutasi telah terdeteksi.

Turbokidz Rayakan Hari Rilisan Fisik dengan EP ‘Http 404’
ShowBiz
Turbokidz Rayakan Hari Rilisan Fisik dengan EP ‘Http 404’

Meramaikan Hari Rilisan Fisik, Turbokidz merilis mini album bertajuk Http 404.

Perankan Han Ji Pyeong, Kim Seon Ho: Saya Tidak Menyangka Bisa Seheboh ini
ShowBiz
Perankan Han Ji Pyeong, Kim Seon Ho: Saya Tidak Menyangka Bisa Seheboh ini

Nama Han Ji Pyeong belakangan ini menjadi perbincangan di media sosial.

Tiongkok akan Netral Karbon Pada 2060
Fun
Tiongkok akan Netral Karbon Pada 2060

Netral karbon bertujuan untuk mencapai pemulihan hijau ekonomi dunia di era pasca COVID-19.