Negara Mana yang Menjalani Puasa Terlama Ramadan 2019 ini? Daftar negara yang menjalani puasa tercepat dan terlama selama ramadan 2019 (Foto: Pixabay/xusenru)

NEGARA kita, Indonesia, kurang lebih menjalani puasa selama 13 jam setiap harinya sepanjang bulan ramadan. Namun, pernahkah kamu bertanya-tanya, Negara mana yang menjalani waktu puasa lebih cepat atau lama dibandingkan dengan di Indonesia?

Untuk mengetahuinya, kita perlu melihat waktu salat di kota-kota besar berbagai negara di dunia untuk menghitung interval atau waktu antara subuh (waktu matahari terbit) dan Maghrib (waktu matahari tenggelam). Sebagaimana hal tersebut yang diperintahkan dan dijadikan patokan untuk untuk umat muslim dalam menjalani puasa ramadan.

Cek daftar di bawah ini untuk mengetahui negara mana yang menjalani puasa dengan waktu tercepat hingga terlama selama ramadan tahun 2019 ini.

Negara Mana yang Menjalani Puasa Terlama Ramadan 2019 ini?
Daftar waktu puasa dunia (Foto: Gulf News/Seyyed Llalta)

Catatan: Pencatatan waktu ini hanya untuk hari pertama Ramadan, nantinya itu akan bergeser seiring pergeseran waktu di negara. Pengaturan waktu yang ada dalam daftar di atas dalam format jam dan menit.

Baca juga:

Di Pulau ini, Puasa Berlangsung Hampir 24 Jam

Muslim Islandia akan Mengalami Puasa dengan Waktu Terlama

Fakta menarik yang bisa kita simpulkan dari daftar tersebut, untuk negara-negara di mana interval matahari terbenam dan matahari terbit terlalu dekat (kurang dari 3 jam) atau tidak bisa dibedakan, fatwa telah dikeluarkan untuk memungkinkan umat muslim mengikuti waktu puasa dari kota terdekat yang memiliki waktu siang dan malam yang dapat dibedakan. (ADP)


Tags Artikel Ini

Ananda Dimas Prasetya

LAINNYA DARI MERAH PUTIH