Negara Ini Miliki Paspor Paling Kuat Sedunia Paspor terkuat dunia memungkinkan pemegangnya melancong ke banyak negara dengan bebas visa. (Sumber: SBS)

KETIKA berkunjung ke luar negeri, kamu harus melewati loket imigrasi yang ada di bandara untuk mengecek kelengkapan dokumen. Saat sedang asyik mengantre, pernahkah kamu memperhatikan paspor yang dipegang orang-orang di sekitarmu? Di antara mereka ada yang memegang paspor dengan sampul biru, hijau, atau merah. Dari warna paspor yang mereka pegang, kamu akan menebak-nebak asal mereka.

Paspor bukan hanya tentang warna sampul atau jumlah lembaran yang ada di dalamnya. Paspor juga bisa menunjukkan tingkat kekuatan suatu bangsa. Global Passport Index mengidentifikasi dan memberikan peringkat untuk negara dengan paspor paling kuat.

Beberapa negara memiliki kekuatan paspor yang sama. Untuk itu, beberapa di antara mereka harus berbagi peringkat. Berikut negara dengan paspor paling kuat di seluruh dunia, berdasarkan data yang dilansir Travel+Leisure:

7. Malta, Australia, dan Ceko

Paspor Peringkat ketujuh
Australia, Ceko, Malta (foto: Times of Malta/Prague Morning/ABC)

Paspor dari negara Malta bisa digunakan untuk masuk ke 156 negara tanpa visa. Kekuatan paspor Malta tersebut terjadi setelah negara tersebut membuka program investasi pada paspor mereka sehingga meningkatkan nilai paspor sebesar 1 miliar euro.

Selain Malta, posisi ketujuh juga ditempati paspor dari negara tetangga Indonesia, yakni Australia. Warga Australia juga bisa masuk ke 156 negara tanpa visa. Ceko juga berada di posisi ketujuh. Warganya bisa masuk ke 153 negara dengan mudah tanpa harus membayar visa.

6. Yunani dan Malaysia

Paspor Keenam
Yunani dan Malaysia (Sumber: Greek Reporter/Pampers)

Posisi keenam ditempati Yunani dan Malaysia. Kedua negara tersebut memberi layanan bebas visa atau visa-on arrival ke sejumlah negara. Sebanyak 157 negara bisa diakses dengan mudah oleh warga Yunani dan Malaysia.

5. Kanada, Amerika, Swiss, dan Irlandia

Paspor Kelima
Paspor Amerika dan Kanada (Sumber: TripSavvy/Toronto City News)

Pada 22 Mei 2018, masyarakat Kanada bisa mendapatkan visa-on-arrival atau bebas visa ke 185 negara. Hal tersebut membuat Kanada menempati urutan kelima. Persaingan ketat terjadi antara Kanada, Amerika, Swiss, dan Irlandia yang sama-sama berada di peringkat kelima.

4. Inggris, Belgia, Portugal, Belanda, Luksemburg, dan Norwegia

Paspor Keempat
Paspor Inggris, Belanda, Belgia, Portugal (foto: Government UK/Dutch News/Radio 1/Visa Online)

Pada 2015, Inggris menempati posisi pertama sebagai paspor terkuat sedunia. Kini Inggris meleset ke peringkat 4. Berbeda dengan Inggris, Belgia justru naik ke posisi keempat setelah hanya berada di peringkat kelima. Selain Belgia dan Inggris, Portugal, Belanda, Luksemburg, dan Norwegia berada di posisi keempat. Keenam negara tersebut bisa mendapat akses bebas visa ke 159 negara.

3. Spanyol, Prancis, Italia, Finlandia, Denmark, dan Swedia

Paspor Ketiga
Paspor Spanyol, Italia, Finlandia, Perancis (Sumber: Sephardic Spanish Passport/This Is Italy/RCINET/Bastille)

Spanyol kini naik ke peringkat ketiga sebagai paspor paling kuat di dunia. Di posisi ketiga juga ditempati Prancis. Warga negara Prancis bisa berkunjung ke 160 negara di seluruh dunia tanpa visa. Selain Prancis, pusat mode dunia lainnya yang mendapat predikat paspor terkuat ketiga di dunia ialah Italia. Sama seperti Prancis, warga Italia bebas berkunjung ke 160 negara. Tak hanya tiga negara tersebut, posisi ketiga juga ditempati Finlandia, Denmark, dan Swedia.

2. Jerman dan Jepang

Jerman Jepang
Paspor Jerman dan Jepang (Sumber: Business Insider/Daily Mail)

Posisi kedua ditempati Jerman. Warga negara Jerman bisa berkunjung ke 161 negara tanpa membutuhkan visa. Selain Jerman, posisi kedua juga ditempati oleh Jepang.

1. Korea Selatan dan Singapura

Paspor 1
Paspor Korea Selatan dan Singapura (Sumber: The Korea Times/The Straits Times)

Di posisi pertama ada Korea Selatan dan Singapura. Tahun ini, Korea berhasil menduduki peringkat pertama setelah sebelum-sebelumnya harus puas di posisi kedua. Pemegang paspor Korea Selatan atau Singapura bisa mengakses 162 negara tanpa visa atau visa on arrival.(avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia