Natuna Berpotensi Jadi Pusat Pengembangan Pertanian di Kepri Ilustrasi pertanian. Foto: Net

MerahPutih.com - Kabupaten Natuna memiliki potensi untuk menjadi pusat pengembangan pertanian di Kepulauan Riau (Kepri). Hal ini bisa berkontribusi pada pengendalian inflasi di wilayah tersebut.

"Indonesia memiliki produk buah unggulan untuk menembus pasar ekspor. Sebut saja durian, mangga, dukuh, manggis, salak, hingga pisang. Kendati demikian, melimpahnya keanekaragaman buah tropis tersebut tak sebanding dengan volume buah yang bisa dieskpor. Dan Natuna sangat potensial dalam pengembangan tersebut," kata Mustofa Widjaja dalam keterangan tertulisnya, Jumat (15/3)

Anggota Dewan Pakar ICMI Pusat, Mustofa Widjaja

Pengembangan pertanian di Natuna, kata Anggota Dewan Pakar ICMI Pusat, disebabkan eberapa waktu lalu banyak produk pertanian Kepri yang tidak laku dipasaran. Dengan adanya sistem yang jelas dan terarah sangat dibutuhkan untuk memaksimalkan potensi pertanian.

Program pengembangan pertanian mendapatkan sambutan positif dari para petani Natuna. Mereka menilai hal itu sangat dibutuhkan masyarakat Kepri, terkhusus Natuna yang juga ingin dijadikan sentral pertanian di Kepri.

Ilustrasi pertanian

Natuna sendiri memiliki komoditi berupa jagung dan kedelai. Tetapi, hasil produksinya masih belum bisa memenuhi kebutuhan masyarakat setempat. Natuna masih mengandalkan pasokan dari Pulau Jawa. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH