Nasib Buruk Duo Milan di Kompetisi Eropa Musim 2018-19 Olympiacos 3-1 AC Milan. (Twitter AC Milan)

MerahPutih.com - Penampilan duo klub kota Milan, yakni Inter Milan dan AC Milan di kompetisi Eropa musim 2018-19 dibilang sangat buruk. Keduanya tersingkir dari ajang Liga Champions dan Liga Europa.

La Beneamata terlebih dahulu harus merasakan pil pahit setelah tersisih dari Grup B Liga Champions. Padahal, Inter memiliki peluang terbuka untuk lolos dari fase grup karena hanya melawan PSV Eindhoven pada laga pamungkas.

Sayangnya, I Nerazzurri gagal memanfaatkan status tuan rumah. Mauro Icardi dan kawan-kawan hanya mampu bermain imbang 1-1 saat menjamu PSV di Giuseppe Meazza.

Mauro Icardi. Foto: Zimbio

Pada laga lain, Tottenham juga meraih sebiji poin ketika dijamu Barcelona di Camp Nou. Poin Inter dan Tottenham sama, namun wakil Inggris itu yang berhak melaju ke 16 besar karena unggul head to head.

Baca juga: Hasil Liga Europa: AC Milan Tersingkir, Chelsea dan Arsenal Juara Grup

Nasib yang lebih tragis dialami AC Milan. Kakak kandung Inter itu harus angkat koper lebih cepat usai tersisih dari fase grup Liga Europa. Sempat dua kali menang, performa Milan merosot di sisa laga.

Ketidakkonsistenan Milan menjadi biang kegagalan Gonzalo Higuain dan kawan-kawan di kompetisi kasta kedua Eropa tersebut. Milan hanya mampu mengumpulkan 10 poin dari enam pertandingan fase Grup F.

Sejatinya, perolehan I Rossoneri itu sama dengan torehan Olympiacos. Namun, AC Milan kalah selisih gol dibandingkan lawan mereka tersebut.

Faktor kegagalan AC Milan lolos dari Grup F Liga Europa adalah laga terakhir kontra Olympiacos. Andai meraih hasil imbang, skuat asuhan Gennaro Gattuso akan mendampingi Real Betis.

Bahkan, kekalahan dengan selisih satu gol masih bisa membuat AC Milan lolos. Pasalnya, mereka akan unggul head to head dari Olympiacos.

Sayangnya AC Milan harus mengakui keunggulan Olympiacos dengan skor 1-3. Hasilnya, mereka pun melengkapi nestapa Kota Milan di kompetisi Eropa musim ini.

Pemain AC Milan tertunduk lesu setelah tersingkir dari Liga Europa. Foto: @acmilan

Ini merupakan kali pertama AC Milan tersingkir dari fase grup kompetisi Eropa sejak 2000-2001. Terakhir mereka mengalami nasib serupa pada fase grup Liga Champions.

Beruntung bagi Kota Milan, Inter Milan masih akan berlaga di kompetisi Eropa pada musim ini. Menempati peringkat ketiga Grup B Liga Champions, La Beneamata bakal tampil di Liga Europa.

Kini, Inter Milan menjadi harapan Kota Milan untuk berprestasi di kompetisi Eropa. Mampukah I Nerazzurri menjaga martabat kota asal mereka?. (*/Bolaskor)

Baca juga: Mereka yang Menginjakkan Kaki di Babak 32 Besar Liga Europa



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH