Nasib Anak di Bawah Umur yang Menjadi Tersangka Kerusuhan 21-22 Mei Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono. (MP/Noer Ardiansjah)

MerahPutih.com - Kerusuhan yang terjadi di Jakarta Barat dan kawasan Jakarta Pusat pada aksi 21-22 Mei lalu menahan sebanyak 447 tersangka. Sebanyak 35 orang dari tersangka yang ditahan masih dibawah umur.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono mengatakan, bahwa pihaknya sudah memproses secara hukum oleh pihaknya sesuai dengan Undang-Undang perlindungan anak.

"Ini sudah kita proses, sudah kita ajukan dan hasilnya ada yang dikembambalikan ke orang tua. Kedua, ada anak yang berketerbelakangan mental dan dikembalikan ke orang tua. Ketiga, juga ada anak yang sudah menjalani sidang diskresi," ucap Argo dalam keterangannya, Kamis (20/6).

Kombes Pol Argo Yuwono (ANTARA Foto/Rival Awal Lingga)
Kombes Pol Argo Yuwono (ANTARA Foto/Rival Awal Lingga)

Baca Juga: Usut Kematian Korban Kerusuhan 21-22 Mei, LPSK: Komnas HAM Dapat Bentuk TPF

Namun demikian, Argo tidak merinci secara pasti jumlah anak yang dikembalikan ke orangtua, keterbelakangan mental, dan sidang Diskresi. Tapi, kata Argo pihaknya memberikan hukuman sesuai dengan prosedur hukum.

"Ada yang diputus 2 bulan kemudian dilakukan pelatihan di tempat Handayani Jaktim. Juga ada anak yang sidang diskresi diputus 6 bulan, kemudian ditempatkan juga di Handayani Jaktim," ungkap Argo.

Polisi sendiri telah mencatat ada 447 massa aksi 21-22 Mei yang telah ditetapkan sebagai tersangka. Pihaknya masih terus melakukan penyelidikan dengan mencari para pelaku yang sudah merusak dan membakar mobil dinas.

"Kami hingga kini masih melakukan penyelidikan dalam kasus itu," ungkap dia.

Selain itu, pihaknya juga tengah mencari dalang siapa yang sudah membuat kerusuhan pada bulan Ramadhan lalu.

"Kami juga masih mencari apakah ada dalang yang bertanggung jawab penuh dalam kerusuhan tersebut," pungkas dia. (Knu)

Baca Juga: KPAI Sesalkan Anak-Anak dari Tasikmalaya Ikut Aksi 21-22 Mei Diajak Guru Ngaji


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH