Nasi Tumpang, Pecel Unik Sarapan Khas Orang Boyolali Nasi tumpang disajikan bersama sambal dari tempe semangit.

SAAT menyebut kata pecel, yang terbayang pastilah sajian sayur berkuah saus kacang gurih dengan teman rempeyek renyah. Namun jangan salah, ada lo pecel yang enggak pakai bumbu saus kacang.

Alih-alih sambal kacang, nasi tumpang khas Boyolali menyajikan aneka sayuran rebus layaknya pecel dengan sambal tumpang.

1. Sambal tumpang nan unik

nasi tumpang
Alih-alih disiram sambal kacang, pecel tumpang dibumbui sambal tumpang yang unik. (foto: Instagram @bbwsolo)


Umumnya bumbu pecel sayuran memang terbuat dari kacang yang dihalusakan. Namun, pecel tumpang atau nasi tumpang menggunakan bumbu berbahan dasar tempe semangit.

Dikutip Resepkoki, tempe semangit atau yang dikenal juga dengan tempe bosok merupakan tempe yang disimpan melebihi batas fermentasi. Jadi bisa dibilang tempe semangit ialah tempe yang kelewat matang. Semangit berasal dari kata sangit yang artinya beraroma menyengat kuat.

Biarpun terkesan aneh, tempe semangit ini cukup diburu lo di pasaran. Kamu bisa lo membuat tempe semangit sendiri di rumah. Cukup simpan tempe segar dalam suhu ruang selama 1-2 malam.


2. Mengenali tempe semangit

sambal tumpang
Tempe semangit diolah menjadi sambal tumpang yang nikmat. (foto: Instagram @putri_ryunna)

Tak seperti tempe kedelai segar yang memiliki serabut putih dengan biji kedelai yang rapat, padat, dan menyatu, tempe semangit memiliki warna kecokelatan dengan permukaan yang kapang merata. Tekstur tempe semangit agak basah. Ciri tempe semangit yang paling mencolok ialah aroma menyengat.

Saat memilih tempe semangit, kamu perlu berhati-hati. Jika terlalu lama disimpan, tempe semangit akan berubah warna, tekstur, dan aroma. Jangan sampai tempe jadi terlalu lembek, berair, dan aromanya tajam menyengat.


3. Pecel tumpang jadi sarapan orang Boyolali

nasi tumpang
Nasi tumpang nikmat untuk membuka hari. (foto: Instagram @wiennona)


Biarpun punya aroma yang tajam menyengat, tempe semangit bisa jadi amat lezat ketika diolah jadi sambal tumpang. Enggak mengherankan jika sambal tumpang yang disajikan bersama sayuran jadi favorit warga Boyolali. Mereka mengenalnya juga dengan nama lethok.

Nasi tumpang merupakan sajian sayur rebus dengan nasi lalu diguyur sambal tumpang nikmat. Ada juga yang menambahkan nasi tumpang dengan lauk berupa gorengan dan rempeyek.

4. Jadi buruan wisatawan

Nasi tumpang
Kenikmatannya jadi buruan wisatawan. (Foto: Instagram @dapoersikoko)


Meski mirip nasi pecel sayur biasa, nasi tumpang punya rasa khas yang unik. Tempe semangit direbus kemudian ditumbuk bersama bawang merah, bawang putih, daun salam, lengkuas, kencur, dan cabai. Setelah halus, bahan-bahan itu kemudian direbus kembali bersama bumbu lain dan santan hingga matang.

Tempe semangit yang diolah dalam pembuatan sego tumpang memberikan rasa khas pada hidangan tersebut. Inilah yang membuat kuliner sego tumpang menjadi begitu istimewa. Hal itulah yang bikin sego tumpang jadi buruan wisatawan. Perpaduan rasa pedas, gurih, dan aroma tempe semangit dijamin bikin kamu ketagihan.(*)

Kredit : dwi


Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH