Nasi Puyung, Sajian Kuliner Pedas Khas Lombok Nasi Puyung favorit di Lombok. (Foto: Instagram/senggolcom)

TAK lengkap ketika kamu menikmati keindahan alam Lombok tanpa berwisata kuliner. Ada banyak pilihan kuliner tradisional di pulau yang disebut banyak kemiripan dalam bidang kepariwisataan dengan Bali ini.

Salah satu yang terkenal dari Pulau Lombok yaitu nasi Puyung. Disebut juga nasi balap Puyung. Nasi ini tak hanya ditemukan di Lombok, tapi juga menyebar ke sebagian kota besar di Indonesia.

Nasi Puyung semacam nasi campur. Tampilan dan komposisinya cukup sederhana. Satu porsinya berisikan nasi putih ditambah suwiran ayam yang dimasak pedas, kering kentang, taburan kacang kedelai yang digoreng kering, serta tambahan telur.

Nasi Puyung. (Foto: Instagram/febtaiskandar)
Nasi Puyung seperti nasi campur. (Foto: Instagram@febtaiskandar)

Suwiran ayamnya terasa sangat pedas. Rasa pedas ini berpadu pas dengan kering kentang yang begitu gurih dan renyah, kedelai goreng yang juga tidak kalah gurih menambah kekayaan rasa nasi Puyung.

Nasi Puyung diambil dari nama desa di Kabupaten Lombok Tengah. Nasi puyung biasa disajikan sebagai menu sarapan. Namun seiring populernya kuliner ini di kalangan masyarakat Lombok dan wisatawa, nasi puyung ditemukan juga untuk santapan siang atau malam.

Nasi Puyung. (Foto: Instagram/adilaksmono)
Nasi Puyung bisa dijadikan sarapan juga. (Foto: Instagram@adilaksmono)

Kalau kamu pecinta masakan pedas, wajib mencoba nasi Puyung khas Lombok. Nasi puyung berharga terjangkau seperti halnya menu sarapan streetfood khas Indonesia. (zul)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Kue Gandus, Si Lembut Ber-topping Cantik dari Palembang

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy