Nasi Liwet Sunda, Bekal Petani yang Naik Kelas Nasi liwet Sunda berawal dari bekal petani. (foto: resepkoki)

ACARA makan bersama dengan menu nasi liwet tengah tren. Acara kumpul teman atau keluarga jadi makin seru kalau sambil mengerubungi nasi liwet beserta lauk pauknya. Nasi liwet sebenarnya tak hanya ada di budaya Sunda. Nasi gurih lezat ini juga ada dalam ranah kuliner Solo. Bedanya, nasi liwet Solo disajikan bersama kuah santan, sedangkan liwet Sunda cenderung tak berkuah. Meskipun demikian, keduanya sama lezatnya.

Nasi liwet Sunda punya sejarah unik di balik kemunculannya. Sajian nasi satu ini berawal dari keinginan para petani untuk membawa bekal praktis saat bertani atau berladang. Agar hemat, mereka mencampur nasi dengan lauk pauk sederhana. Mereka lalu ngaliwet (membuat nasi liwet) dengan cara memasak nasi bersama bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, serai, dau salam, cabai, dan santan dalam panci khusus liwet atau yang disebut kastrol.

Setelah masak, nasi tersebut langsung dibawa ke ladang dalam wadah kastrol tertutup rapat. Tujuannya, agar nasi tetap hangat saat dimakan. Selain itu, jika mereka ingin menghangatkan, cukup dengan menaruh kastrol di atas api. Bisa dikatakan, hidangan ini sebenarnya hidangan rakyat yang kemudian naik kelas jadi sajian yang digemari semua kalangan.

Sekarang, nasi liwet Sunda disajikan dengan tambahan petai dan teri Medan yang bikin masakan ini makin gurih dan menggoda. Ditambah sambal dan lalapan, wuih enaknya. Yuk, ngaliwet!

RESEP NASI LIWET SUNDA

BAHAN-BAHAN

Beras - 500 gram
Air - secukupnya
Bawang merah, iris tipis - 5 siung
Bawang putih, iris tipis - 5 siung
Serai, memarkan - 2 batang
Daun salam - 3 helai
Cabe rawit merah - 5 biji
Garam - 1 sdt
Teri medan, goreng matang - 50 gram
Pete goreng - 2 papan

CARA MEMBUAT

1. Cuci bersih beras lalu masukkan ke panci liwet. Tuangkan air hingga batas sebuku jari tangan.

2. Tambahkan bawang merah, bawang putih daun salam, serai dan garam. Aduk hingga rata.
Tata cabe rawit merah di atasnya.

3. Tutup panci liwet dan masak hingga air menyusut dan nasi matang. Gunakan api kompor kecil.
Sebelum diangkat, masukan teri medan dan pete goreng. Masak kembali nasi liwet selama 7 menit. Angkat. Siap disajikan.



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH