Nasi Lezat Syariah, Warung Makan Rp 1000 per Porsi di Surabaya Nasi Lezat Syariah (Foto: Doc. Chef Haryo)

ADA yang tampak unik di Jalan Raya Tenggilis, Tenggilis Mejoyo, Surabaya. Di depan Bakmi MG terdapat sebuah warung makan yang cukup ramai. Ukuran warung makan itu tidak besar, tapi sebelum masuk ke tempat tersebut ada spanduk bertuliskan tulisan Rp 1000 / Porsi.

Hal yang cukup mengejutkan memang untuk harga makanan di zaman sekarang. Namun, meski harganya cuma Rp 1000 per porsi, pembeli bisa mendapat menu lezat seperti nasi campur dadar, nasi cumi hitam, nasi ikan tongkol, nasi ati ampela dan nasi campur ayam.

Chef Haryo Pramoe yang sedang melayani pembeli (Sumber: Doc. Chef Haryo)
Chef Haryo Pramoe yang sedang melayani pembeli (Foto: Doc. Chef Haryo)

Warung makan bernama Nasi Lezat Syariah ini dibuat atas inisiatif Chef Haryo Pramoe. Ia mengaku membuka warung makan tersebut murni untuk beramal dan beribadah kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala. Modal Nasi membuka warung makan ini didapat dari keuntungan usaha Chef Haryo di Bakmi MG dan Siomay Boss.

"Ada keuntungan usaha lalu dibuatlah Nasi Lezat Syariah ini," ucap Chef Haryo kepada Merahputih.com melalui telepon, Minggu (9/7). Nasi Lezat Syariah tak membeda-bedakan pembeli. Meskipun yang diutamakan adalah fakir, miskin dan dhuafa.

Harga Rp 1000 untuk seporsi makanan juga mengandung makna. Sebenarnya Chef Haryo bisa saja membuat makanan tersebut gratis, namun angka Rp 1000 digunakan sebagai pengingat jika sesuatu harus selalu diiringi ikhtiar.

Chef Haryo Pramoe (Sumber: Doc. Chef Haryo)
Chef Haryo Pramoe yang sedang melayani pembeli (Foto: Doc. Chef Haryo)

"Kenapa dihargai Rp 1000 rupiah? Karena itu ada pelambang ikhtiar. tetapi bila benar-benar tidak mampu bisa digratiskan," Lanjut pria yang sering muncul di layar kaca itu.

Hasil penjualan dari Nasi Lezat Syariah ini nantinya akan disumbangkan ke masjid. Dalam sehari, warung makan tersebut menyediakan 50 hingga 100 porsi makan. "Insya Allah selama rejeki masih mengalir kita enggak akan putus (tutup warung)," ujarnya. (yani)

Selain artikel ini kamu juga bisa baca Wow! Peneliti Temukan Penghancur Sel Kanker

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH