Nasi Lengko, Makanan Khas Rakyat Cirebon Nasi Lengko, Foto: MerahPutih/Mat

MerahPutih Kuliner - Nasi Lengko berasal dari kata nasi langka, kata langka berarti tidak ada atau jarang. Maksud kata jarang disini adalah lauknya sedikit atau jarang sehingga pelengkap yang digunakan dalam pembuatan nasi lengko pun sangat sederhana seperti nasi putih, tahu, tempe, tauge, daun kucai, mentimun, bawang goreng dan disiram dengan sambel kacang serta kecap, kemudian diaduk hingga rata.

Karena nasi dan lauk pauk tersebut diaduk-aduk, ada juga orang yang beranggapan nasi lengko berasal dari kata "lekoh" (kental). Bahkan seiring berkembangnya zaman, ada pula pedagang yang mengakronimkan kata "lengko" adalah singkatan dari "lengkap dan ekonomis".

Dari lauk pauknya yang terlihat sangat sederhana tak heran jika makanan ini dahulu merupakan makanan para rakyat biasa. Nasi lengko merupakan masakan hasil kreasi masyrakat Cirebon, sebagai siasat atas kondisi serba kekurangan pada masa pasca kemerdekaan.

 

Nasi lengko adalah makanan khas masyarakat pantai utara (Cirebon, Indramayu, Brebes, Tegal dan sekitarnya). Makanan khas yang sederhana ini isinya : nasi putih, tempe goreng, tahu goreng, mentimun, tauge, daun kucai, bawang goreng, bumbu kacang dan kecap manis. NASI LENGKO Nasi Lengko disini enakkkk, isinya itu tempe dan tahu goreng dipotong-potong kecil dan diletakkan di atas sepiring nasi. Mentimun dicacah, lalu ditaburi pula di atasnya, juga tauge rebus, serta disiram bumbu kacang di atasnya, dan potongan daun kucai, lalu diberi kecap secukupnya sampai kecoklatan, dan di taburi bawang goreng. Trus ditaburin sama kerupuk mie (kesukaan miss ini)???? Lotek Mahmud Jl. Mahmud IV No. 9, Bdg @festivalkulinernusantara #fotokuliner#misskuliner#kulinerbandung#nasi#lengko#cirebon#tradisional#food#yummy#foodies#tahu#tempe#vegetable#tauge#kucai#timun#eat#bandung#instafood#infobandungkuliner#foodblogsociety#foodstragram#instalike#foodpics#foodblogger#pesonakulinernusantara2016

A photo posted by ariyanti wijaya huri (@miss_kuliner) on

Meskipun sederhana dan makanan para rakyat, namun nasi lengko merupakan makan sehat dan bebas dari kolesterol. Hal ini diungkapkan langsung oleh generasi ketiga pemilik warung Nasi Lengko H. Barno, Ibu Tini "Nasi lengko itu dulu makanan rakyat, terlihat dari lauk pauk yang alakadarnya tempe, tahu, daun kucai kan murah.

Walaupun murah tapi ini makanan sehat dan bebas kolesterol," ungkapnya saat ditemui Merahputih.com di Cirebon, Rabu (16/3) kemarin. (Mat)

BACA JUGA:

  1. Warung Bu Kris Spesialis Penyet di Tangerang
  2. Soto Betawi H. Mamat Paling TOP di Serpong
  3. Sejarah Nasi Bogana dari Keraton Kacirebonan
  4. Pejabat Pusat Hingga Daerah Kerap Melahap Gudeg Bu Djuminten
  5. Nikmatnya Gudeg Kendil Bu Djuminten


Ana Amalia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH