Sulawesi Tengah, Tanah Tadulako

Nasi Jagung, Sajian Nikmat kala Paceklik Suku Kaili di Sulawesi Tengah

Dwi AstariniDwi Astarini - Senin, 01 Oktober 2018
Nasi Jagung, Sajian Nikmat kala Paceklik Suku Kaili di Sulawesi Tengah
Suku Kaili di Sulawesi Tengah menyantap nasi jagung di masa paceklik. (foto: sumber)

SAJIAN nasi ada hampir di seluruh wilayah Nusantara. Olahannya beragam. Dari yang disajikan berbungkus daun hingga yang dicampur dengan bahan makanan lainnya, seperti nasi jagung.

Di Jawa, nasi jagung disantap bersama urap dan tambahan lauk lainnya. Beda dengan di Sulawesi Tengah. Di sana, nasi jagung nikmat disantap bersama sayur saun kelor dan sayur wempoi (sayur asem).

Nasi jagung khas suku Kaili dari Sulawesi Tengah ini muncul karena kisah bertahan hidup suku Kaili. Suku tersebut bermata pencaharian utama bercocok tanam di sawah, ladang, dan menanam kelapa. Di samping itu, masyarakat suku Kaili yang tinggal di dataran tinggi juga mengambil hasil bumi di hutan, seperti rotan, damar, dan kemiri Sebagian lagi, ada juga yang beternak. Masyarakat suku Kaili yang dipesisir pantai, selain bertani dan berkebun, mereka juga hidup sebagai nelayan dan berdagang antarpulau ke Kalimantan.

Sehari-hari, suku Kaili pada umumnya menyantap nasi, karena sebagian besar tanah dataran di lembah Palu, Parigi sampai ke Poso merupakan daerah persawahan. Meskipun demikian, ketika musim paceklik tiba, masyarakat menanam jagung. Agar mencukupi, mereka pun memakan nasi yang dicampur jagung.

nasi jagung khas palu
Nasi jagung di Sulawesi Tengah disantap bersama sayur wempoi. (foto: geotravelly)

Dari sanalah budaya makan nasi jagung lahir. Cara pembuatannya pun mudah. Jangung yang sudah tua ditumbuk kasar lalu dicampur beras. Jenis beras yang digunakan biasanya varian lokal dari Palu. Campuran itu kemudian dimasak menggunakan kukusan yang terbuat dari bambu.

Aroma bambu kukusan itulah yang bikin nasi jagung ini sedap. Selain itu, nasi ini memiliki citarasa manis. Cocok berpadu dengan sayur daun kelor dan sayur Wempoi (sayur asem).


RESEP NASI JAGUNG

BAHAN-BAHAN

Beras
Jagung Kering giling
Air secukupnya

CARA MEMASAK

1. Campurkan beras dan jagung kering giling kemudian cuci hingga bersih.

2. Masak air hingga mendidih, lalu masukan campuran beras dan jagung ke dalam air mendidih dan aduk sesekali hingga air habis.

3. Kukus hingga matang, kurang lebih selama 45 menit.(*)

#Sulawesi Tengah, Tanah Tadulako
Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan