NasDem Usulkan Anies Secepatnya Tambah Tiga ITF di Jakarta Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. (MP/Asropih)

MerahPutih.Com - Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI, Bestari Barus mengusulkan kepada Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan untuk secepatnya menambahkan tiga pengolahan sampah Intermediate Treatment Facility (lTF) di Ibu Kota Jakarta.

Saran penambahan tiga Pembangkit Listrik Tenaga Sampah itu diyakini sebagai tidak lanjut kunjungn kerja DPRD DKI ke Surabaya terkait perbandingn pengolahan sampah.

Baca Juga: Pemprov DKI Rancang Tempat Pengolahan Sampah Ramah Lingkungan

"Fraksi NasDem menyarankan agar sekurangnya 3 (Tiga) ITF lagi dapat terbangun dalam waktu yang sangat cepat," kata Bestari dalam pemandangan umum Nasdem terhadap rancangan peraturan daerah tentang perubahan APBD-P tahun 2019 di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Senin (19/8).

Rapat pemandangan umum APBD-P DKI Jakarta
Rapat pemandangan umum APBD-P DKI Jakarta 2019/2020 (MP/Asropih)

Ia juga beralasan mendorong Pemprov DKI mendirikan tiga ITF karena Tempat Pengelolahan Sampah Terpadu (TPST) Bekasi sudah lagi lagi bisa menampung volume sampah yang datang dari Jakarta pada 2021.

Sedangkan proyek ITF Sunter, Jakarta Utara yang mulai dibangun pada Desember 2018 lalu baru rampung pada 2022 mendatang.

Baca Juga: Sebut Pulau Reklamasi sebagai Pantai, Bestari Sarankan Anies Baca KBBI

Kemudian, lanjut dia, kapasistas ITF yang diunggulkan Pemprov DKI itu hanya bisa mengolah seperempat dari produksi sampah yang ada di Jakarta, yaitu 2200 dari total 7 ribu ton per hari.

"Bantar Gebang sudah memasuki ambang batas kapasitas tampungnya sebagai Tempat Pembuangan Akhir Sampah kita. Kami menyarakan agar saudara Gubernur dan jajaran terkait dapat pula menghadirkan dengan sangat cepat teknologi pengelolaan sampah Jakarta," tutup Bestari.(Asp)

Baca Juga: Anies Usulkan PLTSa Bantar Gebang juga Dibuka untuk Warga

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH