NasDem Tak Bahagia Jokowi Pilih Jaksa Agung Nonparpol? Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh saat ditemui di Gedung MPR, Senayan, Jakarta, Jumat (16/8/2019). (ANTARA/AstridFaidlatulHabibah)

Merahputih.com - Ketua Umum NasDem Surya Paloh tak bisa menentukan apakah harus bahagia ketika tahu Presiden Jokowi memilih orang dari kalangan Nonparpol menjabat sebagai Jaksa Agung.

Paloh menegaskan, partainya baru bisa memutuskan bahagia atau tidak setelah terlibat pembicaraan lebih dahulu dengan partai lain dalam koalisi.

Baca Juga: Usai Kongres PDIP, Surya Paloh Mengaku Sempat Bertemu dengan Jokowi

"Wah, kalau masalah happy, kalau Nasdem satu-satunya partai pengusung pemerintah, saya jawab langsung. 'Kan ada partai koalisi lain, nah, kami bisik-bisik dahulu, duduk dahulu," ujar Paloh, di Komplek Parlemen, Jumat (16/8).

Paloh sendiri mengaku tidak mencampuri hak prerogatif Presiden untuk menentukan Jaksa Agung apakah dari kalangan politisi ataupun nonparpol. NasDem menerima siapapun Jaksa Agung pilihan Jokowi.

"Enggak ada masalah sama NasDem, apa masalahnya?Jangankan menunggu besok, kalau hari ini juga barangkali ada yang cocok sama Presiden, enggak masalah, ini sungguh-sungguh sikap NasDem," katanya.

Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Antaranews)
Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. (Antaranews)

Untuk diketahui, Jaksa Agung saat ini diisi oleh M Prasetyo yang sebelumnya diketahui merupakan kader NasDem.

Presiden Jokowi sebelumnya sudah menyatakan bahwa orang yang menduduki kursi Jaksa Agung di periode keduanya nanti tidak akan berasal dari kalangan partai politik.

Baca Juga: Jokowi Pastikan Jaksa Agung Bukan Kader Parpol, Namanya Masih Rahasia

"Iya bukan dari parpol," kata Jokowi kepada wartawan di Istana Negara, Rabu (14/8).

Meski begitu, Jokowi belum memastikan apakah ini berarti Jaksa Agung akan diisi dari internal Korps Adhyaksa. Jokowi belum bersedia untuk mengungkapkan siapa saja nama kandidat Jaksa Agung yang sudah dikantonginya itu. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH