NasDem Kritik Pengolahan Sampah DKI, Anies: Nyerang Gubernur Sebelumnya

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 31 Juli 2019
NasDem Kritik Pengolahan Sampah DKI, Anies: Nyerang Gubernur Sebelumnya
Ilustrasi sampah. Foto: merahputih.com/Rizki Fitrianto

MerahPutih.com - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menyatakan kritikan Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI, Bestari Barus soal sampah di Jakarta salah sasaran. Menurut Anies, kritik Bestari itu justru menyerang mantan Gubernur-gubernur DKI Jakarta sebelumnya.

"Pak Bestari itu membicarakan Jakarta yang dia ikut tanggungjawab kemarin. Jadi beliau suka lupa, maunya nyerang Gubernur yang sekarang, lupa ini nyerang Gubernur yang sebelum sebelumnya. Jadi hati-hati tuh pak Bestari," ujar Anies di Kawasan Taman Suropati Menteng Jakarta Pusat, Rabu (31/7).

Baca Juga: Menteri Susi Ancam Tenggelamkan Pembuang Sampah Plastik ke Laut

Ia menilai pokok pembahasan pada kunjungan kerja yang dilakukan Angggota Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD DKI itu diskusi mengenai pengelolaan sampah Jakarta masa pemerintah Gubernur-gubernur sebelum dirinya.

"Sebtulnya beliau bapak Bestari itu menceritakan pengolahan sampah selama ini. Saya sedang merubah. Sebelum saya bertugas tidak ada pengelolaan ITF. Sekarng kita mulai ada ITF lagu diproses," jelasnya.

Politisi Nasdem sarankan Anies buka KBBI terkait pergantian Pulau reklamasi dengan pantai
Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta Bestari Barus. Foto: MP/Asropih

Saat ini, lanjut Anies, sampah-sampah DKI yang ditampung di Tempat Pengelola Sampah Terpadu (TPST) Batargebang, Bekasi sebagian sudah bisa didaur menjadi tenaga energi yang juga baru diterapakan pada kepemimpinan dirinya.

"Di Bantargebang sekarang ada pengelolaam sampah dari sampah menajdi energi. Itu dulu belum ada," tuturnya

Anies pun mengaku pihaknya tengah menyiapkan langkah-langkah untuk mengatasi persoalan sampah di Jakarta. "Pengolahan sampah di Jakarta selama ini belum baik dan itulah kenyataan yang saya terima sebagai fakta. Sebagai Gubernur yang bertugas saya akan melakukan perubahan dan road mapnya sedang disiapkan," tutupnya.

Baca Juga: Indonesia Berkomitmen Tangani Sampah Plastik di Laut

Seperti diketahui, Ketua Fraksi NasDem DPRD DKI, Bestari Barus meminta Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini membantu Jakarta dalam pengelolaan sampah Jakarta. Lantaran Anies dinilai tak becus menangani masalah sampah.

Bestari juga memaparkan anggaran sampah Pemprov DKI sebesar Rp 3,7 Triliun ke Risma. Wali Kota Surabaya pun terkejut mendengan anggaran sampah sebesar itu. Namun kata bestari masalah sampah di Ibu Kota masih berantakan meskipun dana sebesar itu. (Asp)

#Sampah #Anies Baswedan
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan