Nasdem ke Parpol Non Koalisi: Jangan Harap Dapat Jatah Jabatan Menteri Sekjen Partai Nasional Demokrat (NasDem) Jhony G Plate. (Foto: MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Partai Nasdem menegaskan bahwa hampir tidak mungkin Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk menteri dari partai luar Koalisi Indonesia Kerja. Hal itu diungkapkan Sekjen Nasdem Johnny G Plate kepada awak media di Jakarta.

Menurut Johnny, Presiden Jokowi tidak pernah membicarakan opsi jabatan menteri untuk parta non koalisi dalam konstruksi politik dengan partai koalisi.

Baca Juga: Petinggi NasDem Kompak Bantah Surya Paloh Dukung Anies di Pilpres 2024

"Walaupun kecil kemungkinannya (nonkoalisi jadi menteri), tapi kalau itu keputusan Pak Joko Widodo kami tentu dukung," kata dia kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Kamis (15/8).

Politisi Nasdem Johnny G Plate
Politisi Nasdem Johnny G Plate menegaskan partai nonkoalisi sulit dapat jatah jabatan menteri (Foto: antaranews)

Lebih lanjut, Johnny yakin Jokowi akan mendiskusikan dengan koalisi jika akan menunjuk menteri dari nonkoalisi.

Ia pun menyatakan parpol koalisi akan mendukung apa pun keputusan Jokowi jika hal itu dirasa memberikan manfaat bagi roda pemerintahan ke depan.

"Pak Jokowi kan bilang mesti dibicarakan dengan partai politik dulu. Kalau belum dibicarakan ya belum lah," tutur Johnny.

Baca Juga: NasDem Ungkap Alasan Kenapa Posisi MPR Banyak Diincar Partai

Anggota DPR yang terpilih lagi untuk periode 2019-2024 itu menegaskan pihaknya terbuka kepada partai non koalisi untuk masuk dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf.

"Dalam hal ini tentu kalau bergabung tentu harus memberikan manfaat tambahan," imbuh Johnny G Plate.

Presiden Jokowi juga menyebut porsi untuk menteri dari kalangan profesional sebanyak 55 persen, dan parpol sebanyak 45 persen.(Knu)

Baca Juga: NasDem Sindir PKB Minta Jatah Kursi 10 Menteri



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH