Nasdem Dukung Keputusan Jokowi Ajukan Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Selasa, 05 Desember 2017
Nasdem Dukung Keputusan Jokowi Ajukan Marsekal Hadi Jadi Panglima TNI
Taufiqulhadi. (taufiqulhadi.com)

MerahPutih.com - Anggota Fraksi Nasdem Taufiqulhadi mendukung keputusan Presiden Jokowi mengajukan Marsekal Hadi Tjahjanto sebagai Panglima TNI pengganti Jenderal Gatot Nurmantyo yang akan memasuki masa pensiun pada Maret 2018 mendatang.

Menurut politisi Partai Nasdem ini, Panglima TNI dari matra Angkatan Udara sangat relevan dengan visi-misi yang kerap digaungkan Presiden Jokowi dalam membangun poros maritim dunia.

"Kami menganggap ini sesuatu yang relevan ada perspektif yang berbeda cara melihat dalam konteks pertahanan AD dan AU. AU memiliki pemahaman kuat terhadap perlindungan ZEE udara dan laut. Jadi sekarang kalau AU ditunjuk relevan dengan visi misi presiden dalam konteks pengembangan jalur maritim," ujarnya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (5/12).

Selain itu, Taufiqulhadi juga mengatakan, penunjukan Marsekal Hadi sebagai Panglima TNI juga mewakili rasa keadilan diantara ketiga matra. Sebab, sebelumnya secara berturut-turut Angkatan Darat yang menjadi pimpinan tertinggi di tubuh TNI.

"Karena sebelumnya secara berturut turut Angkatan Darat dua kali jadi (Panglima TNI). Sekarang gliran AU. Seharusnya yang lalu AU, tapi mngkin Presiden ada pertimbangan lain sehingga mengangkat AD," jelas dia.

Lebih lanjut, Taufiqulhadi mengungkapkan, jika kelak dilantik menjadi Panglima TNI, mantan Sekretaris Militer Presiden Jokowi itu bakal menghadapi tantangan berupa ancaman dari luar bukan pada kondisi politik dalam negeri.

"Tantang dari luar ada di laut cina selatan, kapal asing dengan mudah menerobos Indonesia, kegiatan ilegal yang dilakukan pihak asing itu tantangan yang harus dihadapi oleh Panglima TNI ya. Jadi bukan persiapan politik di dalam negeri kalau panglima harus mengatasi ketegangan politik di dalam negeri menurut saya itu tidak terlalu relevan," tegasnya. (Pon)

#Panglima TNI #Jenderal Gatot Nurmantyo #Hadi Tjahjanto #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan