NasDem Capreskan Anies, Airlangga Ungkit PT 20 Persen

Andika PratamaAndika Pratama - Sabtu, 08 Oktober 2022
NasDem Capreskan Anies, Airlangga Ungkit PT 20 Persen
Menko Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat berkunjung ke Batam, Kepulauan Riau. ANTARA/Yude.

MerahPutih.com - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto merespons langkah Partai NasDem yang mendeklarasikan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai calon presiden (capres) di Pilpres 2024.

“Itu bagian dari demokrasi. Dan bagian dari demokrasi ada persyaratan untuk mengusung,” kata Airlangga saat bertemu dengan Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) Puan Maharani di kawasan Monas, Jakarta, Sabtu (8/10).

Baca Juga

Airlangga Berikan Mobil Listrik Kuning-Merah G24 ke Puan

Airlangga mengatakan, partai besutannya telah menjadi bagian dari Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) bersama Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

Baik KIB maupun PDIP sendiri, kata Airlangga, telah memenuhi ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold (PT) 20 persen.

“Ini ditegaskan, baik Golkar dan PDIP, dua-duanya sudah memenuhi persyaratan itu,” kata Airlangga.

Baca Juga

Airlangga Sebut Pertemuan dengan Puan Luar Biasa

UU Pemilu mengatur parpol atau gabungan parpol dapat mengusung capres-cawapres jika memiliki minimal 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional pada pemilu sebelumnya.

Sementara raihan suara Partai NasDem di Pileg 2019 hanya 9,05 persen. Jika pun koalisi dengan Partai Demokrat, NasDem tetap belum bisa mengusung Anies lantaran pada Pileg 2019 Demokrat hanya meraih suara 7,77 persen. (Pon)

Baca Juga

Puan Singgung 'Jas Merah' Usai Bertemu Airlangga di Monas

#Anies Baswedan #Airlangga Hartarto #Pilpres #Pemilu
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan