NasDem Bahas Evaluasi Pilkada Langsung di Kongres Sekjen Nasdem Johnny G Plate. (ANTARA/Agus Salim/sh)

Merahputih.com - Sekretaris Jenderal Partai Nasdem, Johnny G Plate setuju pemilihan kepala daerah secara langsung dilakukan evaluasi.

Johnny menyebut, terkait penyelenggaraan Pilkada dan Pilpres akan menjadi materi dalam Kongres II Nasdem. Mereka akan membahas kelebihan dan kekurangan daripada penyelenggaraan pemilu secara serentak dan langsung.

Baca Juga:

Kemesraan Dirinya dengan PKS Munculkan Multitafsir, Paloh: Bangsa Model Apa Ini?

"Gagasan itu harus berkembang dan dibuka ruang untuk diskusi-diskusi yang rasional tetapi yang relevan dengan kita," ujar Johnny kepada wartawan, Sabtu (9/11).

Johnny yang menjabat Menkominfo itu enggan menjawab sikap Nasdem secara tegas apakah lebih memilih sistem pemilihan kepala daerah langsung oleh rakyat atau tertutup proporsional oleh DPRD.

Ketua Steering Committee Kongres II NasDem yang juga Sekjen NasDem, Johnny G Plate saat jumpa pers di Kantor DPP Partai NasDem, Jakarta, Rabu (6/11/2019). (Antara Foto/Syaiful Hakim)

Tidak hanya wacana evaluasi sistem pilkada, Plate juga bicara pada sistem pileg dan pilpres. Menurutnya, gagasan tersebut harus dibuka dan berjalan secara rasional relevan.

Johnny mengatakan, evaluasi Pilkada harus dibangun dengan tiga dasar. Dengan demikian, menurut dia, cita-cita demokrasi yang maju bisa terwujud.

Baca Juga:

Kongres Partai Nasdem Agendakan Pemilihan Ketua Umum Baru

"Yang paling penting kan usulan-usulan itu dibangun dengan 3 dasar. Pertama open mind, hati kita bersih, open heart, ketiga itu open will, kita punya keinginan untuk bangsa ini maju dan demokrasi kita maju dan berkembang dengan baik," imbuh Plate. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH