NASA Terima Foto Terbaru Pluto Para ilmuwan melihat bidang pegunungan yang selaras dengan bukit di permukaan Pluto. (Foto: NASA)

MerahPutih Sains - Seminggu lalu New Horizons sudah mulai mengirim foto Pluto. Seperti yang dikatakan NASA sebelumnya, mereka akan menerima foto terbaru Pluto tiap hari Jumat, dan Jumat (11/9) NASA telah menerima foto terbaru Pluto.

Foto terbaru itu memperlihatkan bukit pasir, lembah berukir, dan banyak gumpalan es di permukaan Pluto. Ini merupakan preview singkat data dari Pluto yang pertama kali dikirimkan New Horizons sejak 14 Juli lalu.

Dalam foto pertama yang dikirimkan New Horizons juga terlihat bidang gelap, pegunungan, dan perbukitan yang terbentuk karena tiupan angin.

Atmosfer Pluto jauh lebih tipis dari Bumi, dengan tekanan di permukaan sekitar 10.000 kali lebih rendah. Maka masih menjadi misteri bagaimana kekuatan angin memiliki cukup kekuatan untuk memindahkan partikel hingga membentuk perbukitan.

"Melihat bukit pasir di Pluto, jika memang itu adalah mereka (bukit pasir), akan benar-benar menakjubkan, karena atmosfir Pluto sangat tipis," jelas Bill McKinnon, seorang ilmuwan senior dari Washington University, St Louis, seperti dikutip dari BBC.

"Entah Pluto memiliki atmosfir yang lebih tebal di masa lalu, atau beberapa proses yang kita belum tahu cara kerjanya. Ini memusingkan kepala," tambah Bill.

 

 Baca juga:

  1. Galaksi Terjauh Sudah Berumur 13,2 Miliar Tahun
  2. Eropa Siapkan LISA Pathfinder untuk Pelajari Gravitasi
  3. Potret Siluet ISS di Depan Matahari
  4. Astronot Eropa Uji Kendali Rover dari ISS
  5. 3D Printing Selamatkan Penderita Tumor Dinding Dada

Tags Artikel Ini

Fadhli