NASA Tanam Bunga di Ruang Angkasa Bunga Zinnias/kertas. (Foto: Foto: parkswholesaleplants)

MerahPutih Sains - Setelah berhasil menanam selada pada bulan Agustus lalu, NASA kini berniat tanam bunga di ruang angkasa untuk pertama kalinya, tepatnya di Stasiun Ruang Angkasa Internasional (ISS).

NASA berusaha menumbuhkan bunga jenis Zinnias, atau lebih kita kenal sebagai bunga kertas. Upaya ini adalah kelanjutan uji coba NASA untuk mempelajari efek gayaberat mikro pada tanaman hidup.

“Menumbuhkan tanaman zinnia akan membantu memajukan pengetahuan kita tentang bagaimana menanam bunga dalam sistem pertumbuhan Veggie, dan akan memungkinkan tanaman berbuah seperti tomat untuk ditanam dan dimakan di ruang angkasa menggunakan Veggie sebagai taman di orbit," kata Trent Smith, Manajer Program Veggie di Kennedy Space Center.

Selain itu para ilmuwan, seperti dikutip dari situs resmi NASA, tengah mempelajari bagaimana dampak menumbuhkan tanaman di laboratorium berawak yang mengorbit di luar angkasa.

Para peneliti juga mempelajari bagai mana kurangnya gravitasi dapat mempengaruhi pencairan serbuk sari bungan Zinnias. Jika percobaan berhasil, maka memungkinkan bagi peneliti untuk membuat rumah kaca orbital.

Jika mereka sudah bisa mengembangbiakan tanaman dan memiliki rumah kaca yang mengorbit, maka astronot akan bisa menikmati buah dan sayur segar di luar angkasa.

Setelah bunga, kru ISS kedepannya akan coba menumbuhkan tomat di ISS. Mereka akan mulai melakukannya pada tahun 2017.

 

BACA JUGA:

  1. Sidik Jari Nano, Basis Keamanan Terkuat
  2. Ditemukan Kembaran Venus
  3. Pemanasan Global, Gletser Greenland Mencair
  4. 2019 Jepang akan Taklukan Bulan
  5. NASA Buat Laptop untuk Temukan Kehidupan di Planet Lain


Fadhli