NASA Buka Lowongan Astronot untuk Pergi ke Bulan, Ini Persyaratannya NASA buka lowongan untuk astronot (Foto: pixabay/piro4d)

BADAN Perbangan dan Antariksa Amerika Serikat, NASA, tengah bersiap-siap untuk menyeleksi generasi astronot yang baru.

Para kandidat yang terpilih menjadi generasi astronot baru NASA, nantinya akan diterbangkan ke Bulan untuk misi Artemis dan juga misi ke Mars.

Baca Juga:

Sejarah Baru! Astronot Berhasil Membuat Biskuit Cokelat di Luar Angkasa

Kini NASA mempunyai 48 orang astronot aktif. Namun, dengan misi antariksa yang kian bersemangat, termasuk misi pendaratan ke bulan pada 2024 mendatang, NASA membutuhkan lebih banyak kru.

Nasa Butuh Kru Anggota
NASA tengah membutuhkan beberapa kru (Foto: pixabay/skeeze)

Bagi yang berminat mendaftar, NASA akan membuka pendaftarannya pada tanggal 2-31 Maret mendatang. Namun Administrator NASA, Jim Bridenstine, menuturkan hanya sedikit orang saja yang akan terpilih untuk bergabung dengan satuan astronot.

Agar bisa mendaftar menjadi astronot NASA, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Seperti yang dilansir dari laman Cnet, hanya mereka yang memiliki kewarganegaraan AS dan memiliki gelar master di sains, teknologi, teknik dan matematika yang nantinya akan dipertimbangkan.

Baca Juga:

328 Hari di Luar Angkasa, Astronot Perempuan Ini Akhirnya Kembali ke Bumi

Lalu, para pendaftar pun harus memiliki setidaknya dua tahun pengalaman terkait, atau pernah menerbangkan pesawat jet selama 1.000 jam.

Syarat Daftar Astronot NASA
Ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk daftar astronot NASA (Foto: pixabay/wikiimages)

Apabila tak memiliki gelar master yang disebutkan di atas, NASA pun akan menerima beberapa persyaratan lain. Pertama yakni minimal dua tahun kuliah untuk gelar Ph.D di program STEM (sains, teknologi, teknik dan matematika).

Persyaratan kedua, memiliki gelar doktor di bidang kedokteran atau kedokteran osteopatik. Lalu yang ketiga menyelesaikan program sekolah pilot pada Juni 2021.

Dalam proses seleksi, pendaftar pun harus mengikuti penilaian online berdurasi dua jam. Selain itu para pendaftar pun harus bisa menyelesaikan pemeriksaan fisik NASA untuk penerbangan antariksa jangka panjang. Nantinya, NASA akan memilih para kandidatnya di pertengahan tahun 2021. (Ryn)

Baca Juga:

Mengintip Robot Perempuan Asal India yang Akan Dikirim ke Luar Angkasa

Kredit : raden_yusuf

Tags Artikel Ini

Raden Yusuf Nayamenggala

LAINNYA DARI MERAH PUTIH