Napi Teroris Kuasai Hampir Semua Blok, Ahok Masih Belum Dievakuasi Anggota kepolisian melakukan pengamanan Mako Brimob Kelapa Dua pasca bentrok antara petugas dengan tahanan di Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

MerahPutih.com - Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok masih belum dievakuasi keluar Rutan Mako Brimob, meskipun mayoritas blok tahanan sudah dikuasai para napi teroris yang melakukan kerusuhan.

"Beliau masih berada didalam sel tahanan Mako Brimob sampai saat ini," kata Kadiv Humas Mabes Polri, Irjen Pol Setyo Wasisto, di Mako Brimob Kelapa Dua Depok Jawa Barat, Rabu (9//5) malam.

Setyo berusaha meyakinkan publik keamanan Ahok terjamin di Mako karena sel tahanan yang dihuni mantan anggota DPR RI itu letaknya berbeda dengan blok yang dihuni para tahanan teroris yang memicu kerusuhan sejak kemarin malam. "Tahanan yang dihuni Ahok berbeda. Sementara blok yang ricuh itu adalah blok C," imbuh dia.

Anggota kepolisian melakukan pengamanan Mako Brimob Kelapa Dua pasca bentrok antara petugas dengan tahanan di Depok, Jawa Barat, Rabu (9/5). ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Meski demikian, Setyo mengakui belum tahu pasti kondisi Ahok di dalam karena polisi belum bisa masuk ke dalam area Rutan Mako Brimob. “Ya itu kita kan (kita) tidak bisa masuk tapi moga-moga mereka dalam kondisi yang baik,” ujar dia.

“Moga-moga beliau baik-baik saja, karena itu terpisah bloknya,” imbuh jenderal polisi berpangkat bintang dua itu.

Menurut Setyo, tim kepolisian masih bernegosiasi dengan napi yang sudah hampir lebih dari 24 jam menduduki Rutan Mako Brimob sejak semalam. Bahkan, para napi teroris itu kini bisa bebas berkeliaran di area rutan. "Iya, saat ini tiga blok sudah dikuasai para tahanan teroris. Mereka bebas berkeliaran," tandas Kadiv Humas Polri itu.

Ahok
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Foto: Antara

Keluarga Yakin Ahok Dilindungi

Secara terpisah, kuasa hukum Ahok, Yosefina mengatakan, kliennya, baik-baik saja, setelah adanya kericuhan yang terjadi di tahanan sel narapidana teroris itu terjadi sejak Selasa (8/5) malam itu. "Pak Ahok saat ini, baik-baik saja," kata dia, saat dihubungi di Jakarta.

Fifi Lety Indra Purnama, adik kandung sekaligus pengacara Ahok juga meyakini keadaan terpidana kasus penistaan agama itu dalam keadaan aman di dalam Rutan Brimob berkat lindungan Tuhan. Keyakinan adik Ahok itu disampaikan lewat akun instagramnya merespon pertanyaan publik tentang kondisi kakaknya di dalam Mako Brimob saat kericuhan terjadi.

"Dari semalam sampai pagi ini banyak telpon dan WA dari wartawan maupun kenalan tanya kondisi Bapak. Jawaban saya udah saya post di sini. Karena masih banyak yang tanya soal aman tidak dll karena ada kerusuhan semalam. Makanya saya jawab lagi udah percaya aman doa Mazmur 91 kalau bapak aman dalam lindungan-Nya," jawab Fifi di kolom komentar di salah satu postingannya, Rabu (9/5).

Untuk diketahui, kerusuhan napi teroris Rutan Mako Brimob sudah berlangsung 24 jam lebih. Insiden pendudukan Rutan ini berawal setelah seorang narapidana kasus teroris menanyakan makanan yang dititipkan oleh keluarganya kepada salah seorang anggota polisi. Lalu berlanjut percekcokan dan berujung saling melakukan penyerangan terhadap anggota Brimob yang kala itu tengah bertugas.

Para napi kemudian berhasil menjebol tahanan dan menyandera sejumlah petugas. Mereka juga menguasai senjata api petugas. Dalam kerusuhan ini tercatat 5 petugas polisi tewas dan satu napi teroris meninggal dunia. Sedikitnya ada 4 petugas polisi yang mengalami luka-luka dan dirawat di rumah sakit. (Gms)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Iptu Yudi Rospuji Siswanto Gugur di Mako Brimob, KPK Berduka



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH