Naniek Rachmat Ubah Sulam Karawo Jadi Lebih Elegan, Segar, dan Dinamis

Yudi Anugrah NugrohoYudi Anugrah Nugroho - Sabtu, 04 Maret 2023
Naniek Rachmat Ubah Sulam Karawo Jadi Lebih Elegan, Segar, dan Dinamis
Urban Karawo koleksi Naniek Rachmat di IFW 2023. (MP/Ronggo)

SEORANG model perempuan mengenakan busana serba-hitam berfedora berjalan melenggang mulus di titian peraga gelaran penutup Indonesia Fashion Week (IFW) 2023. Sorot cahaya nan baru muncul begitu sang model melangkah langsung mengilau saat terpapar motif khas Karawo berwarna emas di bagian lengan. Motif berprada tersebut acap menghiasi kain Sulam Karawo khas Gorontalo.

Setelahnya, para model tampil bergantian dengan koleksi busana masih serba-hitam berfedora namun terdapat aksen motif Karawo berprada di macam sisi. Ada motif Karawo prada di bagian dada, bagian belakang, celana, hingga aksen lain sisi samping busana terusan.

"Tema koleksi saya Urban Karawo mengangkat unsur tentang bunga-bunga dalam bentuk sulamnya," kata perancang senior sekaligus Wakil Ketua APPMI memaparkan koleksinya di IFW 2023.

IFW 2023
Naniek Rachmat menyajikan Sulam Karawo lebih elegan dan dinamis. (MP/Ronggo)

Proses pengerjaan sulam, lanjutnya, sangat lama meski tergantung besar dan kecilnya motif. Sulam Karawo ada empat proses, mulai penggambaran motif di kertas sudah diberi ukuran berbentuk kotak-kotak, kemudian pemotongan tekstilnya, pencabutan benangnya, dan kemudian mengikat agar benang tidak goyang dan bentuk lubang kotak-kotak pada proses terakhir menyulam.

"Untuk motif dan benang saya pesan khusus ke pengrajin sulam di Gorontalo pas kebetulan saya juga ikut membina mereka selama empat bulan bolak-balik Jakarta-Gorontalo," kata Naniek.

Di gelaran IFW 2023, perancang busana nan khas dengan topinya tersebut memamerkan 15 look. Pada lima look terakhir, Naniek berani bermain dengan pola kotak-kotak dikombinasikan dengan warna mencolok meski tetap unsur hitam paling mendominasi.

IFW 2023
Naniek Rachmat di tengah memberi salam kepada tetamu IFW 2023.(MP/Ronggo)

"Saya pakai material bermacam-macam. Ada dari kulit imitasi untuk kesan metropolitan look, ada dari katun linen, dan ada dari sutera untuk seri hijabnya. Detail dari koleksi saya, ada ikat pinggang dan tali-tali agar dapat kesan young, fresh, dan lebih untuk kaum millenials," ungkap Naniek.

Koleksi Naniek menjadi salah satu dari keenam desainer nan menyajikan koleksi khusus bertajuk Enchanting Karawo di penutupan IFW 2023. Sulam Karawo tampil sebagai bintang utama selama gelaran IFW 2023. Dengan mengusung tema Sagara dari Timur, IFW di usia satu dekade selalu konsisten mengangkat adibusana dan wastra Nusantara agar tetap aktual, berkelas, dan punya dampak ekonomi di seluruh ekosistem kreatif. (*)

#Indonesia Fashion Week
Bagikan
Bagikan