Nama Unik di Balik Kenikmatan Nasi Gandul

Dwi AstariniDwi Astarini - Minggu, 30 September 2018
Nama Unik di Balik Kenikmatan Nasi Gandul
Nasi gandul. (foto: anakjajan.com)

NAMA sajian ini unik banget ya. Dalam bahasa Jawa, gandul berarti menggantung. Lalu, kenapa sajian nasi dari daerah Pati, Jawa Tengah, ini dinamai nasi yang menggantung ya?

Ada dua versi cerita di balik nama nasi gandul. Cerita pertama tentang penjual nasi uang menggunakan pikulan. Saat menjajakan makanan, si penjual membawa kuali di pikulan yang satu dan peralatan makan nasi di sisi lain. Pikulan yang digotong akan menggantung dan bergerak naik turun seirama langkah penjualnya. Dari sanalah, para pembeli menamai sajian yang dijual si pedagang dengan nama nasi menggantung (gandul).

Versi lainnya terkait dengan penyajian unik nasi gandul. Tak seperti makanan lain, nasi gandul disajikan di piring beralas daun pisang. Oleh pembeli, disebut bahwa nasi berisi kuah itu mengambang, menggantung tidak menyentuh piring. Unik kan.

nasi gandul
Ada dua versi cerita di balik nama unik nasi gandul. (foto: Instagram @sibungbung)

Apa pun kisah di ballik namanya, nasi gandul amat nikmat. Makanan ini sama sepintas sangat mirip soto Betawi dan soto tangkar atau soto Bandung. Dalam seporsi nasi gandul, akan disajikan nasi yang disiram kuah semur dengan potongan daging berempah lezat. Jika ingin, kamu juga bisa minta lauk tambahan. Biasanya tambahan lauk yang tersedia pada nasi gandul ialah tempe goreng, perkedel, telor bacem, daging sapi, dan jerohan sapi. Tambahan lauk ini dapat dipotong kecil-kecil sesuai dengan permintaan pembeli.

Yang bikin makin enak, aroma daun pisang bertemu nasi hangat pasti bikin kamu berselara makan. Tertarik mencoba di rumah? Berikut resep nasi gandul, seperti dikutip dari Resepkoki.

RESEP NASI GANDUL

BAHAN-BAHAN

Daging sapi - 500 gram
Garam - 1 sdt
Daun salam - 2 lembar
Sereh, geprek - 1 batang
Daun jeruk - 5 lembar
Lengkuas, geprek - 3 cm
Kayu manis - 5 cm
Kecap manis - 3 sdm
Santan - 250 ml

BUMBU HALUS


Bawang merah - 5 butir
Bawang putih - 4 siung
Kemiri, sangrai - 5 butir
Ketumbar, sangrai - 1 sdm
Jahe - 2 cm
Jinten - 1/2 sdt
Kencur - 1 cm
Pala bubuk - 1/2 sdt
Gula pasir - 1 sdm
Garam - 1 sdt
Merica - 1/4 sdt


CARA MEMBUAT


1. Rebus daging sampai empuk. Kemudian potong kotak.

2. Tumis bumbu halus, daun salam, sereh, kayu manis, lengkuas dan daun jeruk sampai harum. Lalu masukkan ke rebusan daging.

3. Masukan juga santan dan kecap manis. Masak sampai kuah mengental.

4. Sajikan dengan nasi dan bawang goreng.(*)

Bagikan
Ditulis Oleh

Dwi Astarini

Love to read, enjoy writing, and so in to music.
Bagikan