Headline

Nama-nama Tokoh dan Pejabat yang Berpotensi Bertarung di Pilpres 2024

Andika PratamaAndika Pratama - Selasa, 02 Juli 2019
Nama-nama Tokoh dan Pejabat yang Berpotensi Bertarung di Pilpres 2024
Ilustrasi Capres. Foto: Radar Kontra

MerahPutih.com - Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis nama yang digadang-gadang bakal menjadi calon wakil presiden di ajang Pilpres 2024 mendatang.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar mengatakan pihaknya membuat tiga kriteria capres 2024. Adapun tiga kriteria tersebut antara lain, memiliki tingkat pengenalan di atas 25 persen.

Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar
Peneliti LSI Denny JA, Rully Akbar

Kemudian, kedua berasal dari empat sumber rekruitment yakni jabatan pemerintahan pusat, dari ketum parpol, dari kepala daerah, dan profesional swasta maupun ormas.

BACA JUGA: Sandiaga Klaim Sudah 'Move On' dari Kekalahan Pilpres, Tapi...

"Yang ketiga adalah capres tersebut memiliki potensi besar," ujar Rully kepada wartawan di Jakarta Timur, Selasa, (2/7).

Rully menambahkan, dari ketiga kriteria tersebut, LSI menyimpulkan sejumlah tokoh yang memiliki potensi besar bersaing dalam Pilpres 2024 antara lain, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.

"Mereka dinilai memiliki peluang untuk maju pada Pilpres 2024 lantaran berasal dari daerah-daerah dengan tingkat populasi terbanyak di Indonesia," imbuhnya.

LSI juga menyampaikan ada enam tokoh politik yang bisa menjadi capres, antara lain Prabowo Subianto, Sandiaga Uno, Airlangga Hartanto, Agus Harimurti Yudhoyono, Puan Maharani dan Muhaimin Iskandar.

Dalam jenjang pemerintahan, ada empat orang yang berpeluang menjadi capres yakni Sri Mulyani, Budi Gunawan, Tito Karnavian, Gatot Nurmantyo.

Selain tiga kriteria tersebut, Denny JA juga mengatakan ada salah satu capres dari faktor kejutan, maksudnya belum pernah muncul namun namanya sudah disiapkan untuk kontestasi Pilpres 2024.

“Tentunya masih banyak nama lain dari berbagai sumber rekruitmen yang tentunya punya potensi sebagai capres,” tuturnya.

Tito
Kapolri Jenderal Tito Karnavian (dok. Istimewa)

BACA JUGA: Ma'ruf Amin Disarankan Tetap Bersarung, Ini Nilai Plusnya!

Pihaknya meminta agar sejumlah kalangan yang berpotensi menjadi capres pada Pilpres 2024 untuk menyiapkan diri.

"Pilpres 2024 masih lima tahun lagi namun pilpres yang tidak diikuti oleh petahana mengharuskan capres potensial untuk segera pasang kuda-kuda,” pungkas dja. (Knu)

#LSI
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan