Nama-Nama Tokoh Asal Betawi yang Patut Dibanggakan Penduduk Jakarta Benyamin Sueb (kiri). (Foto: instagram.com/swaragembira)

BETAWI merupakan salah satu suku yang mayoritas tinggal di Ibu Kota Jakarta. Suku ini merupakan penduduk yang bermukim dari abad ke-17 di Jakarta yang kala itu bernama Batavia.

Suku Betawi cukup unik dibanding dengan suku-suku lain Indonesia. Mereka merupakan perpaduan dari berbagai kelompok etnis dan bangsa lain. Seperti Sunda, Jawa, Melayu, Bali, Bugis, Makassar, Ambon, hingga Arab, Tionghoa, dan India.

Meski bukan suku mayoritas di ibu kota, Betawi memilik banyak tokoh terkenal baik di daerahnya maupun dalam lingkup nasional. Berikut sebagian kecil tokoh Betawi terkenal yang harus kamu tahu.

1. Muhammad Husni Thamrin

Wali Kota Jakarta Pusat beserta jajarannya saat berziarah ke makam MH Thamrin. (Foto: instagram.com/kominfotikjp)
Wali Kota Jakarta Pusat beserta jajarannya saat berziarah ke makam MH Thamrin. (Foto: instagram.com/kominfotikjp)

Namanya mungkin terdengan sangat familiar. Namanya diabadikan sebagai salah satu jalan protokol di Jakarta. Ia merupakan pahlawan nasional yang dikenal sebagai pembela rakyat jelata khususnya warga Betawi yang terpinggirkan di masa kolonial.

Ayah Thamrin merupakan seorang Belanda sedangkan ibunya Betawi. Ia lahir dan meninggal di Batavia, Hindia Belanda, 16 February 1894 - 11 Januari 1941 Batavia.


2. Benyamin Sueb

Benyamin Sueb. (Foto: instagram.com/agiromadhoni)
Benyamin Sueb. (Foto: instagram.com/agiromadhoni)

Tak lengkap kalau menyebut tokoh Betawi tanpa menyertakan Benyamin Sueb. Benyamin merupakan tokoh Betawi dalam dunia hiburan tanah air khususnya di Ibu Kota. Ia lahir di Batavia, 5 Maret 1939 dan meninggal di Jakarta, 5 September 1995. Ia dikenal sangat multitalenta, selain sebagai dikenal sebagai pemeran, ia juga pelawak, sutradara dan penyanyi.


3. Ismail Marzuki

Ismail Marzuki. (Foto: malangtoday)

Namanya diabadikan sebagai suatu pusat seni di Jakarta, Taman Ismail Marzuki (TIM). Ismail Marzuki merupakan Pahlawan Nasional kelahiran Batavia, 11 Mei 1914 dam meninggal di Jakarta, 25 Mei 1958. Ia dikenal sebagai komponis besar tanah air. Lagu ciptaan karyanya yang paling populer adalah Rayuan Pulau Kelapa.


4. Zainuddin MZ

Zainuddin MZ. (Foto: instagram.com/omk_color)
Zainuddin MZ. (Foto: instagram.com/omk_color)

KH Zainuddin MZ dikenal sebagai "Dai Sejuta Umat". Pengetahuan agama luas dan kepiawaiannya dalam ceramah membuatnya dicintai banyak orang. Ia lahir dari keluarga asli Betawi pasangan Turmudzi dan Zainabun.


5. Tuty Alawiyah

Tutu Alawiyah. (Foto: instagram.com/ypi_alazhar)
Tutu Alawiyah. (Foto: instagram.com/ypi_alazhar)

Tuty Alawiyah lahir di Jakarta, 30 Maret 1942 – meninggal di Jakarta, 4 Mei 2016. Ia merupakan tokoh perempuan Betawi yang pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dua masa, Presiden Soeharto dan Presiden BJ Habibie. Tuty Alawiyah juga pernah menjabat sebagai anggota Majelis Permusyawaratan Rakyat dari tahun 1992 hingga 2004. (*)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Festival Pecinan 2019, Padukan Budaya Tionghoa dan Betawi

Kredit : zulfikar


Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH