'Naked Sleep', Metode Sederhana yang Bantu Tidur Lelap Naked sleep memberikan manfaat kesehatan pada tubuh. (Foto: Pixabay/AndreaPalmieri)

ADA kecenderungan di perkotaan warganya mengalami gangguan tidur. Gejala-gejala buat kamu yang insomnia, biasanya lebih malas beraktivitas, badan lemas, dan kepala terasa sedikit pusing.

Jangan Khawatir, kamu bisa mencoba metode ini, supaya kamu bisa tidur lebih cepat. Metode ini sangat sederhana yang dinamakan naked sleep. Cara ini populer di beberapa negara.


Baca Juga:

5 Bahan Sederhana yang Bikin Mi Instan Makin Enak


Menurut laman tuck, cara ini dapat menolong kamu untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Alasan utamanya adalah karena membantu proses termoregulasi alami tubuh kamu. Dapat dipahami bahwa tubuh manusia mengatur suhu internal maupun eksternal. Sepanjang hari, otak kamu mengatur suhu tubuh dengan beberapa variasi. Salah satu variasi itu terkait dengan siklus tidur bangun kamu.

Kala malam hari saat melatonin dilepaskan, suhu tubuh akan turun, untuk mempersiapkan tubuh tidur. Hal ini terus menurun sampai mencapai titik terendahnya di jam 6 pagi.

Kemudian untuk mempersiapkan menghadapi hari dengan penuh semangat, otak kamu memulai produksi kortisol dan mulai menaikkan suhu sebelum kamu bangun. Menjaga tubuh tetap dingin adalah kunci untuk menikmati tidur malam tanpa gangguan.

Laman forbes menuliskan, saat kamu mengenakan baju atau piyama, tubuh memiliki lebih banyak faktor eksternal yang bisa mempengaruhi suhu. Ini terutama terjadi jika baju tidurmu terlalu hangat, menyebabkan keringat. Jelas membuat tidur tidak nyaman dan sangat mengganggu.


1. Protein racun

tidur
Tidur yang berkualitas membuat racun dapat dikeluarkan. (Foto: Pixabay/xiangying_xu)


Kualitas tidur yang baik sangat bagus untuk otak. Penelitian terbaru dari University of Rochester menunjukkan bahwa ketika tidur, otak akan mengeluarkan protein beracun dari neuron. Ini merupakan produk sampingan dari aktivitas saraf ketika bangun.

Masalahnya adalah otak hanya dapat menghilangkan protein beracun ketika kamu mendapatkan kualitas tidur yang baik dan nyenyak. Jika tidak, malah dapat mengganggu kemampuan berpikir. Memperlambat dalam mengelola informasi dan kreativitas. Naked sleep diyakini membuat tidur lebih nyenyak karena menjaga suhu tubuhmu tetap dingin.

Baca Juga:

Beberapa Fakta Menarik Tanaman Herbal, Dari Pengobatan Hingga Bahan Masakan!

2. Mengurangi stres

tidur
Kualitas tidur yang baik mencegah stres. (Foto: Pexels/Kat Jayne)

Stres berkepanjangan adalah berita buruk. Ini menekan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan risiko penyakit jantung, depresi, dan obesitas, juga menurunkan kinerja kognitif. Stres membuat kadar kortisol hilang. Istirahat yang tepat membantu mengembalikan kadar kortisol normal. Cara ini membantu kamu mendapatkan tidur malam yang lebih baik.


3. Lebih sehat

tidur
Badan tetap dingin membuat metabolisme berjalan lancar. (Foto: Pixabay/Free-Photos)


Cara ini punya banyak manfaat kesehatan, termasuk membantu kamu menurunkan berat badan. Melansir Forbes, penelitian yang dilakukan oleh lembaga kesehatan di Amerika menemukan bahwa menjaga diri tetap dingin saat tidur mempercepat metabolisme tubuh. Karena tubuh memicu munculnya lemak membuat tetap hangat. Lemak ini menghasilkan panas dengan membakar kalori (300 kali lebih banyak daripada organ di dalam tubuh). Tentunya ini meningkatkan metabolisme sepanjang hari untuk membantu menurunkan berat badan. Selain efek metabolik, tidur telanjang juga meningkatkan sirkulasi darah, yang baik untuk jantung dan otot kamu. (nic)

Baca Juga:

Manfaat dari Dada Ayam untuk Kesehatanmu



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH