Najwa Shihab Buat Golongan Tua dan Generasi Muda Menjadi Akrab Najwa buat konten kreator, Bayu Skak dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf akrab (Foto: IFTINAVIA PRADINANTIA)

SIAPA tak kenal Najwa Shihab? Mantan pembawa acara berita yang telah aktif sejak 2001 ini dikenal sebagai sosok dengan gaya bicara yang tegas dan lugas. Sikap kritisnya terkadang membuat lawan bicara yang ia wawancara tak berkutik.

Di balik sikap tegasnya, Najwa memiliki sikap hangat dan mudah dekat berbagai kalangan. Mulai dari tokoh pemerintah dari golongan tua hingga konten kreator dari golongan muda.

Dalam beberapa kesempatan, Najwa membuat tokoh-tokoh golongan tua lebih dekat dengan generasi muda. Dengan kepiawaiannya ia membuat golongan tua bisa berinteraksi dengan generasi milenial. Sebut saja program Shihab & Shihab, dimana ia membuka kesempatan bagi generasi muda yang ingin tanya jawab dengan ayahnya, Quraish Shihab.

Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan pun dekat dengan dunia anak muda. Mulai dari teknologi dan sains, kehidupan sosial, hingga urusan percintaan.

Dalam salah satu episode Catatan Najwa, ia mengajak mantan presiden Indonesia sekaligus ilmuwan jenius Indonesia, BJ Habibie untuk menjawab berbagai pertanyaan yang diajukan oleh generasi milenial. Meskipun hidup di era berbeda, Habibie menjawab berbagai persoalan sederhana yang dimiliki anak-anak muda. Mulai dari menghadapi rasa malas kuliah, titip absen, hingga berkomentar anak muda yang susah move on dari mantan.

Bayu Skak, Najwa Shihab, dan Triawan Munaf
Keakraban antara Bayu Skak, Najwa Shihab, dan Triawan Munaf (Foto: MP/Iftinavia Pradinantia)

Interaksi antara golongan tua dan golongan muda berkat Najwa Shihab tak hanya tampak dari berbagai program yang ia bawakan.

Di acara Narasi Playfest 2018, Najwa berhasil mengajak Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf untuk merasakan atmosfer suka ria anak muda. Triawan pun terlihat menikmati acara yang disajikan dan mengagumi kreativitas yang dituangkan anak-anak muda di acara tersebut.

Dalam kesempatan tersebut, Najwa yang tengah mendampingi Triawan pun tampak memperkenalkan Triawan dengan konten kreator Indonesia, Bayu Skak. Meskipun berasal dari latar belakang dan generasi berbeda, ketiganya tampak berbincang-bincang dengan hangat.

Najwa Shihab, Triawan Munaf dan kru Narasi Playfest 2018
Najwa Shihab, Triawan Munaf dan kru Narasi Playfest 2018 (Foto: MP/IFTINAVIA PRADINANTIA)

“Era digital saat ini merupakan era kolaborasi,” tutur Najwa saat ditemui di acara Narasi Playfest 2018, Minggu (25/11).

Menurut Najwa, semakin banyak pihak yang diajak maka semakin banyak konten positif yang dihasilkan. Ia menilai keinginannya untuk terus memproduksi berbagai konten positif hanya bisa dilakukan apabila mengajak orang untuk melakukan hal yang sama.

“Walaupun era digital juga memunculkan potensi persaingan, kita harus berkolaborasi untuk menghasilkan dunia digital yang sehat,” jelasnya. (avia)

Kredit : iftinavia

Tags Artikel Ini

Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH