Naik Pesawat Ke Cepu, Nikmati Potensi Wisatanya Rencananya penerbangan ke Cepu mulai beroperasi pada 5 Agustus 2022 (Instagram/@wingsairid)

CEPU sohor sebagai salah satu blok minyak terbesar di Indonesia. Tapi sebenarnya Cepu juga punya potensi ekonomi selain minyak. Kota di Kabupaten Blora, Jawa Tengah, ini adalah penghasil kayu jati berkualitas baik. Selain itu, Cepu punya potensi pengembangan daerah wisata dan telah menjadi penggerak ekonomi wilayah sekitarnya.

"Peran kota Cepu sebagai pusat pertumbuhan adalah besar dan berpengaruh terhadap wilayah sekitarnya, namun perannya lebih dominan ke wilayah timur, yaitu Kecamatan Padangan dan Kasiman, Kabupaten Bojonegoro," sebut Firmansyah dalam Peran Kota Cepu Sebagai Pusat Pertumbuhan di Kabupaten Blora, tesis pada Program Studi Magister Pembangunan Wilayah dan Kota, Universitas Diponegoro.

Peresmian kembali Bandara Ngloram di Cepu oleh Presiden Jokowi pada 2021 menandakan pula arti penting wilayah ini. Melihat peluang ini, PT Pelita Air Service (PAS) bekerja sama dengan PT Angkasa Pura II merencanakan membuka Bandara Pondok Cabe, Tangerang Selatan, untuk penerbangan ke Bandara Ngloram. Penerbangan ini nantinya akan dilayani oleh Maskapai Wings Air.

Baca juga : Wings Air Buka Penerbangan dari Pondok Cabe ke Lampung, Cepu, dan Purbalingga

Sebelum beroperasi resmi, Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara kelas III, Dewandaru Ariandi Widiawan, menyatakan bahwa penerbangan tersebut sudah diujicoba. “Alhamdulillah minggu lalu sudah melakukan uji coba pendaratan, dan dalam waktu dekat akan membuka rute salah satunya ke Bandara Ngloram, Cepu, Blora.” ungkap Ariadi seperti dikutip oleh jatengprov.go.id.

Communications Strategic Wings Air, Danang Mandala Prihantoro, membenarkan rencana tersebut. "Kalau ketentuan mengenai penerbangan yang di Pondok Cabe itu rute baru dan bandara baru yang akan beroperasikan bagi Wings Air," kata Danang kepada MerahPutih.com, Kamis (14/7).

Di Pondok Cabe, Wings Air tak hanya melayani penerbangan ke Cepu, tapi juga ke Lampung dan Purbalingga. Rencananya penerbangan ke Cepu mulai beroperasi pada 5 Agustus 2022, setiap Jumat pukul 8.20 WIB. Pesawatnya menggunakan jenis ATR72-500 dan ATR 72-600.

Bupati Blora, Arief Rohman, menanggapi hangat rencana tersebut. Dia berjanji akan meneruskan informasi ke masyarakat. “Nanti begitu ada kepastian, kita akan woro-woro (umumkan) agar ini bisa dimanfaatkan,” ujarnya seperti dikutip oleh jatengprov.go.id.

Baca juga:

Jokowi Resmikan Bandara Ngloram di Cepu

Nah, sembari menunggu penerbangan resminya, kamu bisa mencatat daerah tujuan wisata yang menarik di Cepu. Antara lain Heritage Trainz Loco Tour, Grojogan Bengawan Solo, dan Taman Seribu Lampu

Heritage Trainz Loco Tour sangat cocok buat kamu yang ingin tur sejarah Cepu. Turnya menggunakan kereta api kuno buatan Belanda dengan lokomotif dari Jerman yang dibuat pada 1928. Dari kereta, kamu bisa memandangi perkebunan kayu jati, persawahan, dan rumah warga yang khas. Start wisata ini terletak di Jalan Sorogo, Ngaleng Perhutani, Ngelo, Cepu.

Grojogan Bengawan Solo laras banget bagi kamu yang suka berkegiatan di alam bebas. Kamu bisa menyaksikan air terjun yang berasal dari aliran sungai Bengawan Solo. Namun, demi keamanan, kamu hanya dapat berkunjung kala musim kemarau karena debit airnya cenderung lebih sedikit. Tempat ini terletak di Jalan Bengawan Solo, Ngloram, Cepu.

Taman Seribu Lampu bisa kamu kunjungi bersama keluarga. Dari namanya, sudah ketebak bahwa taman ini menyajikan atraksi lampu berbagai warna dan jenis. Lampu-lampunya indah, tapi hanya dihidupkan mulai sore hingga malam. Di luar jam itu, kamu tetap bisa menikmati keasrian taman ini. Berkali-kali direnovasi, taman ini selalu kekinian dan cantik. Jadi, rugi lho, kalau ke Cepu tak mampir ke sini. Taman ini terletak di jalan Ronggolawe, Sidomulyo, Cepu.

Nah, itulah beberapa tempat menarik tentang Cepu. Gimana? Bikin gak sabar menanti penerbangan ke Cepu, kan? Rencanakan perjalananmu dari sekarang. (nab)

Baca juga:

Wisata Cahaya dari Surga di Goa Terawang Blora

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Sayang untuk Dilewati, Kuliner Khas di Mandalika
Kuliner
Sayang untuk Dilewati, Kuliner Khas di Mandalika

Nikmati kekhasan dan kelezatan kuliner Mandalika.

Perjuangan Jatuh-Bangun Dolanan Keren Mengkreasikan Action Figure Lokal
Indonesiaku
Perjuangan Jatuh-Bangun Dolanan Keren Mengkreasikan Action Figure Lokal

Dolanan Keren juga membuat action figure Presiden RI Joko Widodo.

Makan Jeroan Terlalu Sering Bisa Mengancam Kesehatan
Kuliner
Makan Jeroan Terlalu Sering Bisa Mengancam Kesehatan

Risiko terlalu banyak makan jeroan bisa membuatmu memiliki kolesterol tinggi

Kawasan Kota Tua Braga menuju Smart Village
Travel
Kawasan Kota Tua Braga menuju Smart Village

Bisa menjadi daya tarik wisatawan.

Kuliner Nusantara Sajian Favorit Berbuka Puasa
Kuliner
Kuliner Nusantara Sajian Favorit Berbuka Puasa

Beragam kuliner juga dijajakan menjelang buka puasa mulai dari jalanan, hingga rumah makan, hotel, dan restoran.

Beda Rupa Kostum Gundala, Gimana Ceritanya?
Indonesiaku
Beda Rupa Kostum Gundala, Gimana Ceritanya?

Seiring berkembangnya zaman, kostum Gundala mengalami perubahan dan penyesuaian.

Syarat Anak-anak Masuk Kebun Binatang Gembira Loka
Travel
Syarat Anak-anak Masuk Kebun Binatang Gembira Loka

Syarat pertama adalah kedua orangtua atau pendamping anak sudah divaksin COVID-19.

Cap Negatif Penari Ronggeng dari Kolonialis
Tradisi
Cap Negatif Penari Ronggeng dari Kolonialis

VOC pernah menerapkan pajak ronggeng.

Desa Ngelanggeran Raih Predikat Desa Wisata Terbaik Dunia 2021
Travel
Desa Ngelanggeran Raih Predikat Desa Wisata Terbaik Dunia 2021

Keindahan alam pegunungan andesit kuno ini sangat memukau hingga membuat siapapun yang berkunjung.

Keris Milik Pangeran Diponegoro Dipamerkan di Museum Keris Solo
Travel
Keris Milik Pangeran Diponegoro Dipamerkan di Museum Keris Solo

Keris yang dikenal dengan kesaktian dalam Perang Jawa atau Perang Diponegoro tahun 1825 hingga 1830 jadi tontonan pengunjung.