Naik Hercules TNI ke Palu, Tim INTI Peduli Bencana Berkoordinasi dengan Wali Kota Palu dan Kapolda Sulteng Ketua Umum INTI Teddy Sugianto dan Sekjen Ulung Rusman melepas Tim INTI Peduli Bencana berangkat ke Palu dari Lanud Halim Perdanakusuma Jakarta (Humas INTI)

MerahPutih.Com - Tim INTI Peduli Bencana menyalurkan 8,6 Ton bantuan kemanusiaan untuk korban gempa bumi dan tsunami di Palu, Donggala dan Sigi. Dari Jakarta, Tin INTI Peduli Bencana naik Hercules TNI dan berkoordinasi dengan Wali Kota Palu dan Kapolda Sulteng.

Ketua Umum INTI Teddy Sugianto beserta Sekjen Ulung Rusman melepas rombongan tim INTI Peduli Bencana berangkat ke Palu Sulawesi Tengah dengan menggunakan pesawat Hercules TNI pada Rabu (10/10) pagi di Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Rombongan berjumlah 15 orang dari Jakarta yang membawa 8,6 ton bantuan kemanusiaan ini diperkuat dengan tambahan 2 personel dari Makassar yaitu Ketua INTI Sulawesi Selatan Peter Gozal dan Sekretaris Albertus Yap.

Para relawan dan personil TNI-Polri bekerjasama menurunkan bantuan INTI dari pesawat Hercules (Humas INTI)

Peter dan Albert yang berangkat dengan pesawat pertama dari Makassar setibanya di Bandar Udara Mutiara SIS Al-Jufrie Palu langsung berkoordinasi dengan Walikota Palu Drs. Hidayat, M.Si dan melakukan survey ke beberapa lokasi bencana.

"Tadi kami sudah berbicara banyak dengan Walikota Palu khususnya kerjasama pendistribusian bantuan kemanusiaan INTI khususnya dari Sulsel untuk korban bencana," ungkap Peter dalam rilis yang diterima merahputih.com di Jakarta, Kamis (11/10).

Anggota TNI dan Polri bekerjasama mengangkut bantuan kemanusiaan INTI di Bandara Palu
Penyerahan secara simbolis bantuan kemanusiaan dari INTI ke TNI dan Polri di Bandara Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng). (Humas INTI)

Sementara rombongan dari Jakarta dengan menumpang pesawat Hercules TNI mengalami keterlambatan. Penerbangan yang memakan waktu hampir 4 jam menyebabkan rombongan mendarat pukul 16.30 WITA di Palu.

Setibanya di bandara Palu, bantuan kemanusiaan sebanyak 8,6 ton langsung dibongkar dan didistribusikan kepada perwakilan dari posko TNI dan Polda Sulawesi Tengah serta Pemerintah kota Palu.

Drs. Efendi Hansen Ng menyerahkan bantuan kipas angin besar untuk keperluan pasien di rumah sakit terbuka
Pengurus INTI foto bersama dengan Kapolda Sulteng dan jajaran saat penyerahan bantuan kemanusiaan untuk korban gempa (Humas INTI)

Drs. Efendi Hansen Ng selaku Ketua Rombongan Tim Peduli Bencana pada kesempatan itu saat menyerahkan bantuan menyampaikan INTI akan terus berusaha mengirimkan bantuan kepada korban bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah khususnya di Palu, Donggala, dan Sigi.

"Ini wujud kepedulian dan solidaritas kami INTI sebagai sesama anak bangsa. Duka masyarakat Sulawesi Tengah merupakan duka kami juga," kata Hansen.

Tim INTI berdiri dekat jembatan yang tersapu tsumani
Sekretaris INTI Sulsel Albertus Yap meninjau Jembatan Ponulele Palu yang ambruk diterjang gempa dan tsunami (Humas INTI)

Dari bandara Palu, rombongan bertolak menuju Mapolda Sulawesi Tengah untuk berkoordinasi dan makan malam dengan Kapolda Brigjen. Pol. Drs. Ermi Widyatno, M.M. mengenai pemetaan lokasi bencana dan pendistribusian bantuan langsung ke masyarakat.

"Terima kasih atas kedatangan dan kepedulian rekan-rekan dari INTI. Kami Polda Sulteng siap membantu mendistribusikan bantuan langsung ke masyarakat korban bencana," ujar Kapolda Ermi.

Ketua INTI meninjau lokasi terdampak bencana
Ketua INTI Sulsel Peter Gozal meninjau langsung salah satu lokasi bencana di Palu. (Humas INTI)

Karena tidak ada hotel yang cukup memadai di Palu, setelah dari Polda Sulteng rombongan langsung kembali ke bandara Palu mengejar pesawat ke Balikpapan untuk mengadakan rapat evaluasi serta menginap semalam di sana dan kembali ke Jakarta keesokan hari.(*)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel: Timses Jokowi Sindir Sekjen Gerindra, Capres Kesatria Anak Buah 'Baperan'



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH