Nah Lho! Warga Keluhkan Pelayanan ATR/BPN Kota Tangerang Kantor ATR/BPN Kota Tangerang. (Istimewa)

MerahPutih.com - Warga kembali mengeluhkan pelayanan pengurusan sertifikat tanah di Kantor ATR/BPN Kota Tangerang. Pasalnya, keterlambatan penerbitan surat tanah yang diurus itu diduga adanya para calo bekerja sama dengan para pegawai kantor pelayanan tersebut.

Salah seorang warga asal Cipondoh Nelson Manurung (44) mengatakan, sudah lebih tiga bulan sertifikat atas tanah yang diajukan ke ATR/BPN Kota Tangerang ini belum rampung.

Padahal, kata Nelson, sudah semestinya legalitas atas lahannya itu selesai dalam jangka waktu dua bulan. Apalagi, masih kata Nelson, saat itu dia mengajukan pembuatan sertifikat tersebut melalui proyek operasi nasional agraria (Prona).

"Tiga bulan sampai sekarang belum saya terima sertifikat. Tadi saya tanyakan kepada petugas loket dan jawabannya masih dalam tahap pengukuran. Sangat lambat kalau ngurus sendiri, tapi kalau pakai calo pasti tidak sampai sebulan selesai," kata Nelson kepada Merahputih.com di Kota Tangerang, Jumat (19/1).

Menurut Nelson, lambatnya proses pengurusan sertifikat tanah di ATR/BPN Kota Tangerang ini diduga adanya keterlibatan para pegawai lembaga tersebut dengan para calo. Calo, kata Nelson, yang bermain di pusat pelayanan legalitas tanah diduga merupakan notaris dan pejabat pembuat akta tanah (PPAT).

"Dari sini saja sudah ketahuan ada praktik percaloan. Mereka bukan PNS kok bisa keluar-masuk, sedangkan yang lain harus antri. Ada juga yang bertemu di kantin untuk menyelesaikan pembuatan sertifikat tanah," katanya.

Karena itu, ia berharap kepada Tim Saber Pungli Polrestro Tangerang menyelidiki masalah tersebut agar pelayanan menjadi lebih baik lagi.

“Harus segera ditangkap, karena ini sudah kacau. Padahal Presiden Jokowi sudah bilang untuk mempermudah pengurusan sertifikat, kok ini malah dipersulit. Calonya sangat terang-terangan menawarkan jasa kepada orang yang sudah kusut keluar dari kantor ini," katanya. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH