Nah Lho, Masyarakat Sumsel Banyak yang Tak Mengerti HIV/AIDS HIV/AIDS. Foto: ISt

MerahPutih.com - Gubernur Sumatera Selatan Alex Noerdin mengatakan, masih banyak masyarakat di daerah ini belum mengerti penyakit HIV atau AIDS padahal itu sangat berbahaya. Oleh karena itu pihaknya akan memimpin langsung sosialisasi pencegahan penyakit HIV/AIDS di daerah ini.

Bahkan, kata dia, di Kota Palembang yang notabennya serbagai ibu kota Sumsel saja masih banyak yang belum mengerti tentang bahaya sebenarnya penyakit tersebut.

"Ini terbukti saat dialog bersama masyarakat daerah ini tentang HIV/AIDS dan masih ada yang belum memahami," katanya seperti dilansir Antara, Selasa (5/12).

Apalagi di daerah terpelosok seperti Kabupaten, Kecamatan, Desa-desa yang masih belum paham dan paling rentan terkena HIV/AIDS terutama peredaran obat-obatan.

Oleh karena itu, lanjutnya, dengan menjadikan Sumsel daerah percontohan gerakan anti-HIV/AIDS di Indonesia maka sosialisasi harus terus dimaksimalkan.

"Memang untuk menghindari penyakit tersebut maka perlu melakukan pola hidup dan pergaulan sehat," katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan, hal ini karena pergaulan bebas sangat rentan dan berbahaya sehingga itu harus dihindari.

Melalui peringatan hari AIDS se-Dunia sekarang ini diharapkan masyarakat semakin mengerti akan bahanya penyakit HIV/AIDS tersebut.

Gubernur juga mengatakan, memang Sumsel terus berupaya meningkatkan kesehatan masyarakat yang diantaranya melalui program berobat gratis.

Selain itu meningkatkan kualitas sumber daya manusia dengan menjalankan program sekolah gratis hingga perguruan tinggi, tambah gubernur. (*)



Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH