Nah Lho, Bandung Langka Gas Elpiji 3 Kilogram Ilustrasi. (ANTARA FOTO/Hendra Nurdiyansyah)

MerahPutih.com - Kelangkaan gas elpiji bersubsidi tabung 3 kilogram terjadi di sejumlah wilayah di Kota Bandung sejak beberapa hari terakhir.

Hal tersebut membuat warga harus rela mengantre untuk mendapatkannya di sejumlah pangkalan.

Sejumlah pangkalan yang terpantau terjadi anteran seperti di Jalan Caringin Kota Bandung, Jalan Babakan Ciparay, Jalan Ir. H. Djuanda (Dago), dan sejumlah tempat lainnya.

Salah seorang warga asal Babakan Ciparay, Euis Sutarni (51) mengaku sejak beberapa hari terakhir gas elpiji ukuran 3 kg sulit didapatkan. Ia telah mencari ke beberapa tempat bahkan mencari hingga ke SPBU sekitar untuk mendapatkan gas melon tersebut.

"Pas saya dengar di SPBU ada, langsung berangkat. Tapi tetap harus antre dengan warga lainnya," kata Euis saat ditemui di SPBU Soekarno-Hatta Caringin, Kamis (7/12).

Hal serupa dirasakan seorang warga Cisitu, Kota Bandung, Agus (36). Ia mengaku untuk mendapatkan gas melon tersebut, ia harus mengantre hingga berjam-jam.

"Biasanya suka ada yang nyetok ke rumah, dianterin. Tapi beberapa hari ini gak ada, pas ditanyain lagi kosong. Jadi, saya harus ke pangkalan langsung," katanya.

Salah satu pemilik pangkalan di Caringin, Ato Susanto mengatakan, sejak beberapa pekan terakhir pihaknya tidak mendapatkan pasokan seperti biasanya.

Saat belum terjadi kelangkaan, setiap minggunya, ia selalu dipasok hingga 200 tabung, namun kini jumlahnya diturunkan oleh pemasok. "Kemarin dipasok cuman sekitar 120 tabung," tandasnya.

Bahkan, kata Ato, ketika gas datang dalam hitungan jam seluruh tabung habis terjual. "Kami hanya membatasi pembelian bagi warga yang memang sudah tercatat di kami. Prioritas warga sekitar daerah dulu," katanya. (*)


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH