Myanmar Singkirkan Vietnam, Indonesia Batal Ketemu Malaysia di Semifinal Pemain Timnas U-19 Samuel Simanjuntak lewati hadangan pemain Brunai (Foto: Twitter @pssi__fai)

MerahPutih.Com - Myanmar secara mengejutkan menyingkirkan Vietnam dari ajang Piala AFF U-18 di Yangon, Rabu (13/9) dengan kemenangan 2-1.

Dalam pertandingan setelah Indonesia vs Brunei Darussalam itu, Myanmar lebih dulu tertinggal lewat gol Nguyen Hong Son. Namun pada babak kedua, anak-anak asuhan Rabal Benlarbi mencetak gol penyeimbang pada menit ke-75 dan gol kemenangan terjadi pada menit ke-86.

Dengan hasil ini Myanmar menjadi runner-up group dengan mengoleksi 9 poin sama seperti Indonesia namun kalah dalam produktivitas gol. Indonesia 18 gol sementara Myanmar 17 gol.

Timnas U-19 Indonesia akan berhadapan dengan Thailand selaku runner-up group A. Sementara tuan rumah Myanmar bertemu Malaysia di semifinal AFF U-18.

Padahal Indonesia berharap bisa bertemu Malaysia di semifinal guna membalas kekalahan Timnas U-22 di ajang SEA Games kemarin. Terkait lawan di semifinal, pelatih Indra Sjafri enggan mempermasalahkan tim manapun yang bertemu Indonesia.

"Terkait lawan di semifinal baik itu Malaysia atau Thailand, kami sudah siap melawan siapa saja untuk melaju ke partai final," kata pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri dalam keterangannya yang diterima di Jakarta, Rabu.

Meski menyatakan kesiapannya, Indra sebagaimana dikutip dari Antara mengakui skuatnya masih memiliki kekurangan. Akan tetapi dia menyatakan hal tersebut akan diperbaiki dalam waktu tersisa.

"Besok kami akan satu kali latihan jelang laga semifinal pada Jumat. Pemulihan kondisi akan jadi perhatian kami karena jeda istirahat hanya satu hari, karenanya kami harap pemain tetap fokus demi asa meraih juara Piala AFF U18 ini," ujar Indra Sjafri.

Di semifinal nanti Indonesia akan menghadapi Thailand yang menjadi runner-up Grup A setelah di pertandingan terakhirnya hanya bermain imbang 1-1 dengan Malaysia yang menjadi pemuncak klasemen meski mengumpulkan poin sama-sama berjumlah 13. Negeri Jiran menjadi pemuncak klasemen karena lebih dominan dalam urusan mencetak gol.(*)



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH