Muzani Tegaskan Prabowo-Gibran Siap Hadapi Debat Perdana

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 30 November 2023
Muzani Tegaskan Prabowo-Gibran Siap Hadapi Debat Perdana
Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. (Foto: Ist)

MerahPutih.com - Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka siap menghadapi debat perdana yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI.



"Insyaallah, sudah siap, baik Pak Prabowo maupun Mas Gibran. Insyaallah, sudah siap," kata Sekretaris Jendral Partai Gerindra Ahmad Muzani saat ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Kamis.

Baca Juga:

Muzani Ungkap Setiap Kader Gerindra Merupakan Timses Prabowo

Muzani tidak menjelaskan secara detail persiapan apa saja yang telah dilakukan pasangan Prabowo-Gibran untuk menghadapi debat pertama ini.

Ia menilai Prabowo sendiri sudah siap membahas beberapa tema, salah satunya soal keamanan lantaran sepak terjangnya di dunia militer.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan tema debat calon presiden dan calon wakil presiden peserta Pemilu Presiden (Pilpres) 2024 yang akan berlangsung sebanyak lima kali.

Koordinator Divisi Teknis KPU Idham Kholik mengatakan bahwa pemilihan tema telah melalui proses diskusi KPU bersama tim kampanye pasangan calon presiden/wakil presiden di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (29/11).

Melalui pesan singkat, Kamis, Idham mengatakan bahwa pada debat pertama di Kantor KPU pada tanggal 12 Desember 2023 temanya terkait dengan hukum, hak asasi manusia (HAM), pemerintahan, pemberantasan korupsi, dan penguatan demokrasi.

Pada debat kedua yang dijadwalkan pada tanggal 22 Desember 2023 mengusung tema pertahanan, keamanan, geopolitik, dan hubungan internasional.

Tema debat ketiga pada tanggal 7 Januari 2024 adalah ekonomi (kerakyatan dan digital), kesejahteraan sosial, investasi, perdagangan, pajak (digital), keuangan, dan pengelolaan APBN.

Baca Juga:

Muzani Sebut Ada Upaya untuk Mendegradasi Prabowo-Gibran di Pilpres 2024

Selanjutnya tema debat keempat pada tanggal 21 Januari 2024 perihal energi, sumber daya alam (SDA), SMN, pajak karbon, lingkungan hidup dan agraria, serta masyarakat adat.

Debat terakhir pada tanggal 4 Februari 2024 dengan tema mengenai teknologi informasi, peningkatan pelayanan publik, hoaks, intoleransi, pendidikan, kesehatan (post-COVID Society), dan ketenagakerjaan.

Tema debat tersebut merujuk pada visi nasional yang tercantum dalam Pembukaan UUD NRI Tahun 1945 dan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN).

Setiap debat capres/cawapres akan terdiri atas enam segmen, mulai dari pembukaan, pembacaan tata tertib, penyampaian visi, misi, dan program kerja, hingga segmen penutup.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024. (*)

Baca Juga:

Muzani Sebut Jika Prabowo Terpilih Jadi Presiden Tidak akan Mengancam Pihak Manapun

#Prabowo Subianto #Gibran Rakabuming
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan