Teknologi

Mutalk, Teknologi Mikrofon VR untuk Mencegah Kebocoran Suara

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Selasa, 07 Maret 2023
Mutalk, Teknologi Mikrofon VR untuk Mencegah Kebocoran Suara
Mutalk adalah mikrofon yang kedap suara sehingga orang sekitar tidak mendengar informasi yang disebutkan. (Foto: Shiftall)

BENTUK perangkat elektronik ini seperti masker. Kamu mengenakannya di wajah untuk menutup mulut kamu. Namun, fungsinya bukan untuk melindungi kamu dari paparan virus, melainkan untuk mencegah suara yang kamu keluarkan agar tidak terdengar oleh orang sekitar.

Perangkat elektronik tersebut bernama Mutalk. Sebuah terobosan baru yang dirilis oleh perusahaan teknologi bernama Shiftall. Mutalk akan membantu kamu memberikan pengalaman menggunakan perangkat video reality (VR) dengan lebih sempurna.

Baca Juga:

5 Prediksi Tren Teknologi di 2023

"Mutalk adalah mikrofon Bluetooth kedap suara yang menyulitkan orang lain untuk mendengar suara kamu dan mempersulit kebisingan sekitar untuk masuk ke audio mikrofon," tulis situs resmi perusahaan Shiftall.

Jika diletakkan di meja dan mulut menghadap ke atas akan membuat perangkat membisu secara otomatis. (Foto:/Shiftall)

Mutalk adalah produk dari perusahaan Shiftall yang memperluas kehadirannya di metaverse dengan serangkaian produk inovatif yang dibuat dari hasil kolaborasi bersama Panasonic. Mutalk berbentuk kotak putih yang dipasang ke wajah pengguna melalui sebuah tali dan terlihat seperti kantong pakan kuda saat digunakan.

Saat melakukan rapat secara virtual di ruangan publik atau terbuka seperti kafe dapat mengganggu orang-orang di sekitar dan dapat mengakibatkan kebocoran informasi. Selain itu, saat melakukan obrolan di Metaverse atau bermain game online, kamu akan secara tidak sadar berteriak saat keadaan semakin seru, tetapi tidak ingin mengganggu keluarga atau tetangga. Nah, Mutalk akan membantu kamu untuk meredam suara-suara yang kamu keluarkan saat beraktivitas daring.

Baca Juga:

Keren! McDonald’s akan Menyediakan Teknologi Khusus untuk Disabilitas Netra

Selain Bluetooth, Mutalk juga memiliki jack earphone, sehingga dapat digunakan pada ponsel pintar juga. Perangkat ini memiliki tali yang dapat digunakan untuk mengamankan perangkat ke wajah, sehingga memudahkan percakapan hands free, bahkan saat kedua tangan penuh.

Dengan meletakkannya di atas meja dengan mulut menghadap ke atas, perangkat akan otomatis membisukan. Sebaliknya, saat memasukkan ke mulut untuk berbicara, mikrofon akan otomatis menyala dan dapat langsung berbicara.

Perangkat ini memiliki bantalan yang bersentuhan dengan mulut dan bantalan penyerap kelembaban dari cipratan air liur. Bantalan ini dapat dibersihkan dan dilepas untuk dicuci dengan air. (vca)

Baca Juga:

IIMS 2023, Surganya Teknologi Kendaraan Roda Dua Listrik

#Teknologi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ikhsan Aryo Digdo

Learner.
Bagikan