Musik

Musisi Legendaris Tony Bennett Meninggal Dunia

Febrian AdiFebrian Adi - Sabtu, 22 Juli 2023
Musisi Legendaris Tony Bennett Meninggal Dunia
Tony Bennett sudah menderita penyakit Alzheimer. (Foto: Instagram/@itstonybennett)

'I tell you I mean it, I’m all for you body and soul', demikianlah lirik bermakna mendalam ciptaan musisi jazz legendaris Johnny Green Anthony. Sampai saat ini, lagu berjudul Body And Soul tersebut sudah banyak dibawakan ulang oleh musisi papan atas seperti Frank Sinatra, Amy Winehouse, dan Dominick Benedetto atau dikenal sebagai Tony Bennett.

Nama terakhir menjadi musisi yang membawakan lagu Body And Soul begitu indah, dengan suara berat yang begitu khas. Tony Bennett mengembuskan napas terakhir di usia ke-96 di New York, Amerika Serikat, Jumat (21/7) pagi waktu setempat, setelah berjuang melawan penyakit Alzheimer yang dideritanya.

Baca juga:

Celine Dion Tak Masuk dalam '200 Greatest Singers of All Time' Versi Rolling Stone

Menurut laporan Music News, Jumat (21/7), kepergian Tony Bennett dikonfirmasi humasnya, Sylvia Weiner, kepada Associated Press. Benett sudah diagnosis menderita penyakit Alzheimer sejak 2016. Namun, sang musisi tidak mengungkapkan penyakitnya itu kepada publik sampai 2021. Ia tampil pada pertunjukan terakhirnya bersama Lady Gaga pada akhir 2021.

Sebagai penyanyi solo hebat di pertengahan abad ke-20, Bennett sering mengungkapkan ambisi seumur hidupnya ialah membuat katalog hit daripada rekaman hit. Sebelum berpulang, ia sudah merilis lebih dari 70 album yang berhasil memberinya 19 penghargaan Grammy.

Bennett sendiri telah mengabdi dalam lagu-lagu klasik Amerika Serikat. Ia menciptakan I Left My Heart In San Francisco. Lagu itu kemudian menghiasi karier bermusiknya selama puluhan tahun dan membuatnya dikagumi banyak musisi AS.

Bennett terlahir dari keluarga imigram Italia. Ia baru berusia 10 tahun ketika sang ayah meninggal dan membuat keluarganya jatuh miskin. Ketika menginjak usia remaja, Bennett sempat menjadi pelayan penyanyi sebelum mendaftar untuk belajar musik dan melukis di Sekolah Seni Industri New York.

Selang beberapa waktu, ia kemudian direktrut menjadi tentara Amerika Serikat pada 1955 untuk berperang di Prancis dan Jerman menjelang akhir Perang Dunia Kedua. Namun, setelah kembali ke rumah, karier menyanyinya belanjut dengan nama panggung Joe Bari.

Baca juga:

Lady Gaga Ditunjuk Ketuai Komite Seni dan Kemanusiaan Kepresidenan AS

Bennett segera menjadi ikon remaja, merilis album pertamanya pada 1952. Dia naik ke tangga lagu di AS pada setiap dekade berikutnya dalam hidupnya, dengan hits seperti Blue Velvet dan Rags to Riches.

Penyanyi itu membangun reputasi untuk membuat hit pop yang tak lekang oleh waktu dan, kemudian, menunjukkan lagu dan nomor band besar. Semasa hidupnya Bennett telah berkolaborasi dengan sejumlah artis muda, termasuk Amy Winehouse, Ratu Latifah dan Diana Krall; serta orang-orang seperti Paul McCartney, Elton John dan George Michael di album 2006, Duets: An American Classic. (far)

Baca juga:

'Leave the Door Open' Silk Sonic Borong Penghargaan Bergengsi di Grammy 2022

#Musik #Selebritas
Bagikan
Ditulis Oleh

Febrian Adi

part-time music enthusiast. full-time human.
Bagikan