Kesehatan

Musim Pancaroba, Perhatikan Kesehatan Kamu!

P Suryo RP Suryo R - Rabu, 06 November 2019
Musim Pancaroba, Perhatikan Kesehatan Kamu!
Pancaroba membuat sistem kekebalan tubuh berkerja ekstra kuat. (Foto: Pexels/Nikita Ananjevs)

SAAT ini sudah masuk dalam pergantian musim atau yang biasa disebut musim pancaroba. Ada saja faktor yang membuat orang jadi mudah terserang penyakit.

Salah satunya adalah perubahan suhu yang ekstrim. Hal tersebut dapat mengganggu kerja sistem kekebalan tubuh kita. Kondisi udara di musim pancaroba pun juga tidak menentu. Banyaknya angin yang berhembus di kala pancaroba tak hanya membawa debu, tapi juga membantu penyebaran virus dan bakteri.


Baca Juga:

Ingin Panjang Umur? Lakukan Hal Ini

Tapi bukan artinya kita hanya bisa berdiam diri saja. Kamu bisa melakukan beberapa hal yang sudah dirangkum tim Merah Putih untuk melawan penyakit di kala musim pancaroba.

1. Pola makan

makan
Makanan yang dikonsumsi harus memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. (Foto: Pexels/rawpixel.com)


Mengatur pola makan dan memilih makanan yang kamu konsumsi sehari-hari merupakan cara yang paling utama untuk melawan penyakit. Tentunya karena sistem kekebalan tubuh dapat bekerja baik saat diberi nutrisi yang cukup. Perbanyak makan sayuran yang mengandung serat, makanan yang mengandung protein dan buah yang mengandung vitamin.

Pola makan juga penting diperhatikan. Usahakan sarapan di pagi hari dan jangan sampai terlewat makan siang. Disiplin seperti itu mampu membuat badan lebih kuat dan menghalau penyakit. Selain itu, usahakan makan sebelum lapar dan berhenti sebelum kenyang.

2. Suplemen

suplemen
Makan suplemen untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh (Foto: Pixabay/stevepb)


Sama seperti makhluk hidup yang terus berubah, virus dan bakteri mengalami mutasi. Itu sebabnya pola makan yang sehat terkadang tak cukup. Tubuh kita juga memerlukan asupan suplemen yang dapat memperkuat kekebalan tubuh kita.

Tapi perhatikan juga suplemen yang kamu konsumsi. Jangan sampai dikonsumsi terlalu banyak atau sering. Jika terlalu berlebih, ditakutkan malah ginjalmu yang menjadi korban. Sesuaikan asupan suplemen dengan gaya hidup dan kesibukanmu.


3. Air

air
Penuhi kecukupan kebutuhan air di dalam tubuh. (Foto: Pexels/Pixabay)


Sama seperti kendaraan yang membutuhkan bensin, tubuh kita juga memerlukan cairan untuk dapat bekerja dengan baik. Perbanyak konsumsi air putih, minimal 2 liter per hari sesuai yang disarankan. Meski memang lebih enak minum boba, tapi yang ada malah lebih banyak penyakit yang datang.

Baca Juga:

Makanan yang Wajib Dihindari Saat Tengah Malam


4. Tidur yang cukup

tidur
Tubuh perlu istirahat setelah beraktivitas. (Foto: Pixabay/Engin_Akyurt)


Nah, aktivitas yang satu ini juga penting buat menjaga kerja tubuh tetap efektif. Tubuhmu perlu istirahat agar tidak terlalu 'panas'. Usahakan tidak begadang, lagipula tidak ada artinya, begadang boleh saja kalau ada perlunya, demikian nasehat Bang Haji.

5. Gunakan masker saat bepergian

masker
Pakai masker untuk semakin memperkuat pertahananmu (Foto: Koreaboo)


Untuk semakin memperkuat pertahanan tubuhmu, gunakan masker saat bepergian. Selain menghindari debu yang berterbangan di kala cuaca berangin. Masker dapat menyaring virus dan bakteri yang dapat masuk ke dalam tubuh kamu. (sep)

Baca Juga:

Kecanduan Adrenalin, Normalkah?

#Hujan #Musim Hujan #Udara Panas #Cuaca Panas
Bagikan
Ditulis Oleh

P Suryo R

Stay stoned on your love
Bagikan